Sehari Setelah Peringatan HUT Bhayangkara ke-71, Wartawan Gelar Aksi Damai ke Polda NTT

1
464

Kupang KlikNTT. Com – Para wartawan yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Media Online (Kowmen) NTT menggelar aksi damai ke Polda NTT, Selasa (11/7/2017) siang.  Aksi demo wartawan ini digelar, sehari setelah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bayangkara ke 71 Tahun 2017.

Para wartawan yang menggelar aksi damai ini diterima Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abast, Wadir Intel Polda NTT, Kombes Taufik Hidayat dan Kasubdit Peliputan dan Informasi, AKBP Johanis M WBK. Aksi damai dipimpin Ketua Kowmen NTT, Joy Rihi Ga.

Ada empat tuntutan yang disampaikan para wartawan dalam aksi ini yakni, pertama, meminta penjelasan resmi Polda NTT terkait perkembangan kasus laporan polisi Boni Lerek, jurnalis fajartimor.com  terhadap Bupati TTU, Raymundus Fernandez dalam kasus dugaan kriminalisasi pers.

Kedua, meminta agar Polda NTT merespon dan melakukan proses hukum terhadap laporan polisi saudara, Bernadus Saduk, wartawan PortalNTT.com terkait dugaan provokasi yang berbuntut penganiayaan yang dilakukan oleh Bupati Rote Ndao, Leonard Haning dan oknum Camat Rote Barat Laut.

Ketiga, meminta agar Polda NTT dan Kowmen NTT menjadi mitra dan garda terdepan dalam memberantas penyebaran informasi dan berita hoax melalui situs berita online yang ada di NTT. Bahkan mendorong , apabila terjadi hal tersebut, Polda NTT wajib melakukan  proses hukum kepada yang bersangkutan.

Sementara tuntutan keempat, meminta Kapolda NTT  untuk mengganti Kabid Humas Polda NTT serta menata lembaga kehumasan Polda NTT yang lebih akomodatif, komunikatif serta membangun kemitraan antara humas dan pers di NTT.

Terhadap tuntutan wartawan yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Media Online (Kowmen) NTT ini, Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abast berjanji akan meneruskan tuntutan wartawan kepada Kapolda NTT. (nia)