PKP2A I LAN Bandung, Adakan Pim Diklat Di Kabupaten Kupang

0
270

Oelamasi_KlikNTT.Com – Pim Pusat Kajian Pendidikan dan Apratur I Lembaga Aparatur Negara (PKP2 I LAN) Jati Nangor Bandung, mengadakan Diklat Pim di Kabupaten Kupang hari Selasa,(24/04) pagi.

Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki, saat menerima peserta Pim Diklat II Jati Nangor di Rumah Jabatan lama,Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Trnggara Timur, dalam sambutannya mengucapkan, “Selamat datang, dan Selamat bertugas di Kabupaten Kupang, khususnya dua Desa yakni, Desa Penfui Timur, dan Desa Mata Air.”

“Kami percaya bahwa kedatangan Bapa-bapa dan Ibu, walaupun singkat tapi dampak kehadiran Bapa tidak akan berakhir dan di beri semangat selalu dari Kami Pemerintah Daerah terlebih dari Desa yang mana Bapa, dan Ibu bertugas,” jelas Titu Eki

Lanjutnya, Untuk Kabupaten Kupang Luas wilayahnya itu sekitar 5000 Km persegi, dan kalau di bandingkan denga Propinsi Bali, 96 % hampir sama besar dengan Propinsi Bali. “Tapi untuk kebutuhan Ekonominya kita mungkin dua kali lipat Kita Kabupaten Kupang masih di minim. Untuk luas daerah Kami mulai dari Batas Kota sampai Oekusi-Timor Leste. Jadi dengan luas wilayah yang begini besar dengan jumlah penduduk 400 ribu, jumlah pemilih 209 ribu tetapi 5000 masih dalam tahap permasalahan, dan yang sudah terdaftar sebagai pemilih sudah 205 orang.”

Tambahnya, Penduduk yang tersebar ini secara keseluruhan kalau di lihat berdasarkan Klasifikasi penduduk,  dan BPS maka proporsi penduduk kota 0 %, jadi semua termasuk penduduk Desa sehingga Kabupaten ini jelas merupakan Kabupaten pedesaan. “Sehingga kalau kita bicara teori, makin besar penduduk Kota, tingkat kesejahtraan makin baik 100 %, maka kita tidak menyangkal kalau memang Kabupaten ini merupakan Kabupaten tertinggal, yang mana Kita masih berada di bawah minimannya kebutuhan Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, dan 80 % Kita Kabupaten Kupang adalah petani,” Titu Eki.

Sementara Widyaiswara Utama Pusat Kajian PKP2A I LAN Bandung, Ir. Dayat Wiranta M.S.C ketika di wawancarai awak media mengatakan, “Hari ini Kita mengadakan Diklat Kepemimpinan Tingkat II angkatan Delapan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Administrasi, Mendikpolri membawa peserta sebanyak 15 Orang ke Kabupaten Kupang,” jelas Dayat

Lanjutnya, Tujuan Kami kesini untuk melakukan Fisitasi Kepemimpinan Nasional (FKN), dalam rangka peserta Pim menerapkan kemampuan memimpin, dan melakukan kajian cepat, di mana mudah-mudahan hasilnya bisa membantu Desa-desa atau mungkin Pemda yang di kunjungi dengan rekomendasi kebijakan atau perencana akses yang solutif, dan inofatif.

Saya sangat bertrima kasih kepada Pak Bupati yang secara lansung menerima Kami, dengan nerbagai pembekalan arahan yang sangat impresif buat Kami, dan hasil dari Pak Bupati ini Teman-teman Diklat Pim dalam waktu yang singkat bisa mempererat, dan memperkuat kebijakan yanh ada di Kabupaten Kupang, khususnya Desa-desa yang di kunjungi.

Tambhanya, “Kita memilih Kabupaten Kupang ini memang beberapa Tahun yang lalu Kita sudah menetapkan bahwa Kabupaten ini merupakan Kabupaten yang inofasi jadi ini bisa menjadi tanggung jawab moril untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kupang, untuk bagaimana peserta bisa berinofasi dari pemerintahan Desa, dan Pemkab Kupang khusunya Indonesia Timur,” papar Dayat.

Turut hadir saat itu, Para Kepala OPD Kabupaten Kupang, Camat Kupang Tengah, Desa Penfui Timur, Desa Mata Air, dan Kepala Pusdikmin Polri
Kombes, Eko Tri, bersama pesertam.Diklat Pim Se-Indonesia. (Boy)