Pemkab Ende Gelar Ritual Adat dan Rakor Bersama Mosalaki dan Tokoh Agama

0
783

Ende_KlikNTT.com Pemerintah Kabupaten Ende menggelar kegiatan Ritual Adat dan Taga Kamba Bersama Para Mosalaki ( Tua Adat) dan Tokoh Agama yang dilaksanakan di museum tenun ikat yang letaknya di bagian barat Taman Bungkarno Ende ,Senin (12/08/2019).

Acara Ritual dan Taga Kamba merupakan rangkaian acara festival Danau Kelimutu. Ritual Adat Taga Kamba ini diawali prosesi para mosalaki dari 21 kecamatan di kabupaten Ende dari suku Ende, Lio dan Nage serta para tokoh – tokoh agama, perarakan menuju museum tenun ikat Ende.

Wakil Bupati Ende Ahmad Djafar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh para mosalaki yang ada di kabupaten Ende dan toko agama yang hadir untuk mengikuti acara rapat koordinasi untuk membicarakan pembangunan kabupaten Ende.

” Terus terang saja tanpa Bupati serasa belum lengkap, tetapi saya harus bertanggung jawab apapun sehingga harus di laksanakan, ini merupakan realisasi program kami tiga batu tungku yakni agama, adat dan pemerintah “, ungkapnya.

Djafar menambahkan Sebelum melakukan Ritual Adat dan Rakor terlebih dahulu pemotongan kerbau (Taga Kamba, Rakor ini di gelae untuk membangun sinergi antara pemerintah dengan para mosalaki dan toko agama duduk bersama membicarakan pembanguna kabupaten ende ini.

” Untuk ke depanya Rakor ini diperluas dengan para pengusaha yang ada di kabupaten ende ,karena para pengusaha untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat adat”katanya.

Wakil bupati juga berharap kegiatan ini kita dapat mempertumukan ide dan gagasan terkait pembangunan kabupaten Ende ini, selain itu  dapat mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan di antara pemerintah, adat dan tokoh agama.(Elton)