Nila Tanzil Resmikan 10 Perpustakaan Yang Menggunakan Teknologi Di Ende

0
170

Ende_KlikNTT.com_Pendiri Taman Bacaan Pelangi (Rainbow Reading Gardens) Nila Tensil yang juga sebagai Pemimpin organisasi Nirlaba yang fokus mengembangkan kebiasaan membaca anak serta menyediakan akses buku bacaan yang berkualitas untuk anak-anak yang tinggal di daerah-daerah terpencil di Indonesia Timur Melakukan Peresmian Taman Baca Pada Selasa,(08/10/2012)

Nila Tanzil Dalam Sambutannya mengatakan”konsep perpustakaan Taman Bacaan Pelangi adalah perpustakaan ramah anak, dimana semuanya diatur untuk menstimulasi minat baca anak, mulai dari jenis rak buku, cara menata buku, penataan interior ruangan, ruangan dihias dengan bahan kaya bacaan (print rich materials), penjenjangan buku sesuai dengan kemampuan membaca anak, sistem peminjaman & pengembalian buku, dan lain sebagainya.

” Secara keseluruhan, Taman Bacaan Pelangi telah memberikan akses buku kepada lebih dari 30.000 anak yang berusia 5-13 tahun dengan menyediakan lebih dari 200.000 buku bacaan anak. Setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi memiliki minimal 1.250 hingga 3.000 buku cerita anak-anak, serta telah melatih lebih dari 1.000 guru lokal “,kata Tanzil.

Lanjut Tanzil, Ke-10 perpustakaan Taman Bacaan Pelangi yang baru ini menggunakan teknologi di dalam praktek pelaksanaan programnya. Setiap perpustakaan dilengkapi dengan tablet, proyektor, furnitur, serta 1.250 buku cerita anak. Tablet terhubung dengan sebuah platform yang berisi buku-buku cerita anak digital yang bisa dibaca oleh anak-anak. Ada juga berbagai video edukatif yang mengajarkan teknik-teknik membacakan buku cerita yang berguna bagi para guru maupun orangtua murid.

Ia berharap guru dan pustakawan telah diberikan pelatihan mengenai sistem manajemen perpustakaan, berbagai program literasi yang mampu menumbuhkan minat baca anak, serta cara penggunaan tablet untuk kegiatan membaca. Setiap sekolah diwajibkan merekrut pustakawan khusus serta mengalokasikan mata pelajaran khusus untuk ke perpustakaan, yang dinamakan “Jam Kunjung Perpustakaan” selama satu jam per kelas per minggu.

Inilah ke-10 taman bacaan baru yang didirikan oleh taman bacaan pelangi yaitu SDI Woloara, SDK Koanara, SDN Wolowaru 3, SDI Ende 10, SDK Wolotolo, SDK Marsudirini, SDK Paupire, SDI Puukungu, SDK Welamosa, SDI Welamosa.
( elthon).