Dinkes Nagekeo Gelar Pemeriksaan Kanker serviks gratis

0
53

Nagekeo, KlikNTT.Com-Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo menggelar pemeriksaan atau deteksi dini kanker serviks atau Kanker leher rahim gratis lewat pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dan Kanker Payudara di Aula Hotel Pepita Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Kamis (10/10/2019).

Pantauan media sebagai peserta diantaranya perwakilan dari Guru, anggota PKK Kecamatan dan ASN.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo drg.Ellya Dewi menjelaskan bahwa kanker termasuk salah satu penyakit tidak menular yang cenderung terus meningkat setiap tahunnya termasuk kanker leher rahim.

“Kanker leher rahim merupakan masalah kesehatan yang penting bagi wanita di seluruh dunia. Kanker ini adalah jenis kanker kedua yang paling umum pada perempuan dan dialami oleh lebih dari 1,4 juta perempuan di
seluruh dunia. Setiap tahun, lebih dari 460.000 kasus terjadi dan sekitar
231.000 perempuan meninggal dunia karena penyakit tersebut (Data Kemenkes RI 2016),”paparnya.

“Di Indonesia berdasarkan data yang di peroleh kanker leher rahim
menempati urutan kedua dari kanker pada wanita. Hampir semua (99,7%)
kanker leher rahim secara langsung berkaitan dengan infeksi sebelumnya dari satu atau lebih virus Human Papiloma (HPV), salah satu IMS yang
paling sering terjadi di dunia. Dari 50 jenis HPV yang menginfeksi saluran
reproduksi, 15 sampai 20 jenis terkait dengan kanker leher rahim,” lanjutnya, untuk sementara tercatat 85 wanita di Nagekeo mengikuti kegiatan ini, diharapkan, melalui pemeriksaan tersebut, kasus-kasus kanker serviks dan kanker payudara bisa semakin ditekan dan membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesehatannya. Ujarnya.

Ellya menambahkan bahwa pemeriksaan IVA ini penting sebab kanker serviks saat ini masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia. Kasus kanker serviks di Nagekeo yang baru diperiksa baru 10 orang dan Kanker payudara sebanyak 10 orang. di antaranya kita mencegah agar tidak berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga dengan pemeriksaan ini akan menjaga kesehatan wanita dari resiko munculnya penyakit kanker serviks.

“Karena itu, sangat penting agar kaum wanita secara rutin memeriksakan diri. Di antaranya dengan periksa IVA ini. Jika ada temuan atau indikasi munculnya kanker serviks, bisa segera dilakukan langkah penanganan lebih lanjut demi kesembuhan penderitanya,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja pada saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa perempuan di Nagekeo menempati posisi paling sentral dalam upaya membentuk generasi muda Nagekeo yang berkualitas.

” Oleh karena itu, kaum perempuan khususnya di Kabupaten Negekeo harus bebas dari kanker serviks dan kanker payudara,”tegasnya.

Wakil Bupati Marianus mengintruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo untuk bergerak lebih ke hulu dengan bekerja secara maksimal dalam upaya mencegah perempuan Kabupaten Nagekeo mengidap kanker.

“Sosialisasi dan pemeriksaan dua jenis kanker tersebut harus gencar dilaksanakan, sehingga masyarakat tidak saja memiliki pengetahuan dan kesadaran yang cukup terhadap jenis kanker tersebut, tetapi juga terbebaskan dari bahaya kanker serviks dan kanker payudara,” tambahnya.

Marianus mengharapkan agar sosialisasi tentang bahaya dan pencegahan kanker serviks dan kanker payudara tersebut, dapat juga disosialisasikan kepada kaum pria, sehingga pria atau para suami, dapat memahami pula hal tersebut.

”Kaum pria juga harus paham, sehingga turut menjaga kesehatan perempuan, apalagi istrinya,”pungkas Wabup Marianus.(VD).