Anak adalah harapan orang tua,masa depan keluarga bahkan bangsa dan Negara.

0
238

Nagekeo Klik.NTTCom-Anakadalah harapan orang tua, harapan masa depan keluarga bahkan bangsa dan Negara, oleh sebab itu perlu dipersiapkan agar kelak menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi dirinya, keluarga, gereja bangsa dan Negara.Hal ini disampaikan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do,Saat membuka kegiatan Sosialisasi Pola Asuh anak Remaja dengan penuh cinta kasih dan sayang, Tingkat Kabupaten Nagekeo, Rabu, 06 November 2019, bertempat Kantor Camat Aesesa, Kelurahan Danga, Kabupaten Nagekeo.

“Saya berharap bahwa pertemuan kita tidak hanya pada orentasi kehadiran saja, tetapi lebih fokus untuk melihat pola asuh mulai calon ibu dan bapak lebih awal memahami peran keluarga / suami dan istri.

Bupati Don Menambahkan Pertemuan tersebut sekaligus mempersiapkan SDM generasi muda dan siap untuk  bersaing, selain itu tidak terlepas mempersiapkan anak untuk masa depan yang cemerlang.

“Anak seharusnya perlu dipersiapkan sejak dini agar mereka mendapatkan pola asuh yang benar saat mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Pola asuh yang baik menjadikan anak berkepribadian  kuat, tak mudah putus asa dan bertanggung jawab menghadapi hidup yang penuh dengan dinamika seperti yang dialami saat ini, imbuh Bupati Don.

Sekolah dibangun supaya anak kita dididik, bukan supaya orang mendapatkan pekerjaan.

“Saya perlu menyampaikan pada kesempatan ini,  dalam kunjungan kerja di beberapa sekolah saya tegaskan bagaimana memanfaatkan Perpustakaan sekolah, lebih baik buku hilang dari pada buku berdebu, pesan Bupati Don kepada Kepala sekolah SDI Mabhasele dan SMPN 2 Lere Mauponggo.

Lanjut Bupati Don Hari ini anak sekolah dan remaja diundang untuk memahami peran, kesiapan mental dalam memasuki rumah tangga, anak2 di rumah harus mendapatkan tempat, ruang untuk anak atau teritori untuk anak, ruang baca dan juga didukung dengan makanan bergizi.

” Sekarang ini kita berada pada era IT bioteknologi, anak-anak diberikan bekal dengan bahasa Inggris, anak sedini mungkin belajar dan terus belajar bahasa asing.
kedua harus belajar bahasa komputer, alasan kita bekerja dengan aliran online, progremer.
Ketiga belajar statistik, data data, alat ukur dalam menggapai tujuan sesuai harapan.
Ke empat Psikologis, memahami sikap,  perilaku dan memahami tentang orang,  dalam pengembangan bisnis dapat mempengaruhi orang supaya barang jualan cepat laku.

Orang tua selalu menginginkan kehidupan anaknya jadi anak yang sempurna tanpa mau memahami bahwa sebagai orang tua harus merubah diri sendiri sebelum anak itu lahir. Sekarang terdapat berbagai dampak pada masyarakat baik positif maupun negatif. Dampak positif globalisasi adalah perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih sehingga mempermudah seseorang untuk memperoleh informasi yang tidak terbatas.

Kemudian informasi dapat memuaskan rasa ingin tahu kita serta dapat mengubah nilai dan pola hidup seseorang, termasuk sikap orang tua terhadap anak dan pola asuh yang  diterapkan dalam mendidik anak dan remaja.

Sedangkan dampak Negatif yang ditakuti adalah gaya hidup yang sangat menonjolkan sifat individualistik dan bebas.

Tujuan utama pola asuh adalah menciptakan kontrol, dapat menemukan cara-cara yang baik dalam mengasuh anak, meningkatkan kualitas pada anak,  tegas Bupati Don.

Pantauan media, para peserta, Siswa SMA sebanyk 20 orang, pendamping siswa sebanyak 13 orang, remaja mesjid 5 orang, OMK 6 orang dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan 7 orang.

Penulis : Vhiand Dhalu
Editor : Fred Siga