Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Akan Menggelar Rakernas Di Kabupaten Ende

0
256

Ende_KlikNTT.com Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional di kabupaten Ende , pada bulan maret 2020 mendatang.

Ketua Dewan AMAN Nasional, Hein Namotemo kepada media(2/12/2019) mengatakan sebagai langkah awal dalam persiapan untuk Rakernas AMAN pada bulan maret 2020 mendatang, maka wajib hukumnya kita harus bertemu dengan  kepala wilayah di kabupaten Ende, namun Bupati tidak ada di tempat sehingga kita bertemu dengan sekretaris daerah.

Dalam pertemun tersebut pemerintah daerah kabupaten ende menyambut baik dan menyampaikan kepada pemerintah daerah bahwa AMAN akan menggelar berbagai kegiatan yang menghadirkan sekitar 600 orang dari berbagai wilayah nusantara.

Tujuan Rakernas adalah mengevaluasi program-program kerja AMAN, ada tiga program yaitu Mandiri Ekonomi, Berdaulat secara Politik dan Bermartabat secara Budaya.

” Untuk saat ini pola pikir terhadap budaya harus dikembangkan sebab banyak orang lebih banyak tertulis dari pada rohnya dan peraturan dari pada spiritnya”, Ungkap Namotemo

Kita berharap kerjasama masyarakat adat dikabupaten Ende dengan pemerintah daerah termasuk dengan rekan-rekan media, agar kegiatan sebesar ini bisa sukses dan lancar.

Sekda Ende Dr.dr. Agustinus G. Ngasu Mkes, menyampaikan ucapan terimah kasih kepada ketua dewan AMAN yang mengggelar kegiatan Rakernas di kabupaten Ende.

” Sebagai pemerintah daerah kita menyambut baik kegiatan ini dan kami akan membantu apa yang menjadi tugas pemerintah daerah dalam pelaksanaan munas tersebut “,katanya.

Pemerintah daerah berharap kegiatan ini dapat melibatkan beberapa elemen masyarakat dan dapat mengakar sampai ke masyarakat sehingga kegiatan ini benar-benar menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat adat yang ada di kabupaten Ende ini.

Penulis : Elton Rete

Editor.  : Fred Siga