SMPK Giovanni Gelar LCT Lintas Mapel

0
193

Kupang_KlikNTT.Com_Dalam rangka Manfaatkan waktu luang pasca Penilaian Akhir Sekolah (UAS), SMPK Giovanni Kupang menggelar lomba cepat tepat lintas mata pelajaran (Rabu/4/12/2019). Perlombaan itu melibatkan peserta didik dari setiap kelas dengan mengangkat tema, “Kuatkanlah Hatimu, Jangan Lemah Semangatmu, Karena Ada Upah Bagi Usahamu (2 Tawarikh 15:7)”.

Mata pelajaran yang dilombakan antara lain bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, IPA, IPS dan Kewarganegaraan. Setiap mata pelajaran memuat 10 soal wajib bagi setiap regu dan 10 soal rebutan.

Kepala Urusan Kurikulum, Jakobus S. Boleng, S.Pd, M.Hum mengatakan perlombaan ini adalah agenda rutin sekolah yang diselenggarakan di setiap akhir semester ganjil dengan tujuan untuk mengasa kembali pengetahuan peserta didik terhadap kompetensi dasar yang dipelajari selama satu semester.

Selain itu ia mengatakan melalui perlombaan ini diharapkan mampu memberi motivasi kepada peserta didik agar memiliki semangat berprestasi baik ditingkat sekolah maupun ketika mewakili sekolah diajang-ajang yang lebih tinggi.

Kepala SMPK Giovanni Kupang, Kornelis Seran Nahak, S.Pd, M.Hum dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada bidang urusan kurikulum dan kesiswaan yang menyelenggarakan perlombaan bagi peserta didik.

“Biasanya setelah selesai ujian, banyak peserta didik yang menghabiskan waktu untuk bermain. Kita berusaha mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Memang ini adalah agenda kita. Di akhir semester ganjil kita adakan perlombaan pengetahuan dan di akhir semester genap kita akan adakan lomba peminatan seperti seni dan olahraga”.

Lanjutnya, Sekolah selalu siap memfasilitasi aneka kegiatan dalam rangka memantapkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Tujuannya ada dua, yang pertama memberikan pengalaman dan meningkatkan daya saing peserta didik untuk masa depannya. Yang kedua, perlombaan ini merupakan proses penjaringan potensi-potensi unggulan SMPK Giovanni untuk dipersiapkan lebih lanjut mengikuti aneka lomba pengetahuan di tingkat Kota Kupang, Provinsi maupun Nasional.

Penulis : Edi Naga
Editor. : Fred Siga