Resmikan Sarana Air Bersih, Bupati ingatkan Masyarakat Harus Menjaga dan Merawatnya

0
515

Ende_KlikNTT.com-Masyarakat diharapkan bisa menjaga dan merawat sarana air minum bersih dan sanitasi yang telah di bangun .Hal ini disampaikan Bupati Ende Djafar Achmad saat meresmikan Serana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat ( PAMSIMAS) di desa Tanazozo, kecamatan Nangapenda. Sabtu (04/01/2020).

” Peresmian air minum ini harus di syukuri karena adanya bantuan dari pemerintah daerah melalui program pamsimas bagi masyarakat tanazozo di awal tahun 2020.

Dja’far menambahkan Masyaraka  wajib untuk merawat dan menjaganya sehingga sarana sarana air minum bersih ini bisa terawat dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat”, katanya.

Kita menyadari kebutuhan air minum sebagai kebutuhan vital masyarakat sehingga pemerintah berkomitmen secara bertahap memprioritaskan pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat.

Selain itu, pemerintah memberikan apresiasi kepada semua pihak yang melalui program pamsimas telah berhasil memberikan kontribusi dalam penanganan permasalahan pembangunan air minum bersih dan sanitasi serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pola pemberdayaan masyarakat di wilayah kabupaten Ende.

Sementara fasilitator teknik PAMSIMAS kabupaten Ende Obi Maxmelian Wila,Dalam sambutannya mengatakan program PAMSIMAS bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas air minum dan sanitasi serta diimbangi dengan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

Pengerjaan air minum ini bersumber dari dana APBD sebesar  Rp 250 juta, dana desa Rp 115 juta dan swadaya dari masyarakat Rp 14.300.000.Dengan dana yang ada mengerjakan beberapa item pekerjaan seperti bak penampung, perpipaan, krang umum, panel surya dan captering.

Camat Nangapenda, Oktovianus R. Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintan daerah yang telah membantu masyarakat Tanazozo  dengan bantuan melalui program Pamsimas terkait air minum bersih.

” Memang selama ini ada beberapa wilayah yang benar-benar mengalami kekurangan air minum bersih, semoga dengan adanya program Pamsimas dapat membantu warga masyarakat di kecamatan Nangapenda “, ungkapnya.

Dengan adanya air minum bersih sehingga warga dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti masak dan mencuci serta mandi.

Penulis : Elton Rete
Editor.   : Fred Siga