Ketua Pemuda Katolik Ende : Mari Kita Kembalikan Arah Sejarah

  • Bagikan

Ende, KlikNTT.Com. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ende bekerja sama dengan Pemuda Desa dan Kementrian Dalam Negri, menggelar seminar dengan tema “ Mengawal Kebhinekaan Dari Ancaman Radikalisme”. Pada hari selasa (26/07/2017)

Ketua Pemuda Katolik Ende, Rae Agustinus dalam materinya mengatakan, sudah saatnya masyarakat khususnya kaum muda mengembalikan arah sejarah.

“Sudah semestinya dan segera mungkin kita kembalikan arah sejarah”

Ia menjelaskan, Sejarah bangsa tentang nasionalisme dan kebhinekaan yang dalam sepuluh tahun terakhir berusaha dibelokan oleh kaum radikalis melalui gerakan-gerakan intoleran, kekerasan, kebencian, mesti kita kembali luruskan seperti sedia kala, seperti yang dicontohkan leluhur kita”.

Lanjut Rae hal tersebut tidak boleh didiamkan karena praktek ilfiltrasi gerakan tersebut telah berhasil masuk ke dunia pendidikan dan bahkan di dalam pemerintahan. Kasus intolersnsi juga terus meningkat.

Peningkatan kasus salah satunya dibuktikan dengan laporan Komnas Ham yang menunjukan peningkatan kasus intoleransi dari tahun ke tahun.

Praktek ini dalam rentang kira-kira sepuluh tahun terakhir secara perlahan mengubah wajah bangsa dari toleran ke intoleran, dari yang dulunya rukun mengarah ke saling curiga bahkan saling membenci.
Beliau mengungkapkan pentingnya bergerak bersama.

“Sekarang ini pemerintah sudah mulai tegas memberantas radikalisme melalui program deradikalisasi, bela negara, pemblokiran situs radikal, bahkan menerbitkan Perppu. Tetapi perlu dingat, upaya-upaya itu hanya akan berhasil bila ada kesadaran di dalam masyarakat untuk bergerak bersama dengan berbagai cara”. Mari, kita kembalikan arah sejarah, tegas Rae.

Hadir dalam kegiatan Seminar yang berlangsung di SMA Mutmainah Ende, Dandim-Ende, Ketua NU Ende, dan Ketua Pemuda Katolik Komcab Ende. (R.L)

  • Bagikan