Bea dan  cukai Cabang Kupang  Berhasil Gagalkan Pengiriman Patung Perunggu Ke Negara Singapura 

0
570

Kupang_Klikntt.com  Pihak Bea dan cukai Cabang Kupang berhasil menggagalkan upaya pengiriman Patung Perunggu dari Sumba Barat dengan Nama Pengirim Iwan Bait Kenegara Tujuan Singapura dengan Nama Penerima Eva Mardomingo . Upaya penggagalan ini Ketika Pihak Bea dan cukai melakukan pemeriksaan barang yang hendak di kirim baik kedalam Negeri maupun luar Negeri di kantor Pos dan Giro Kupang Pada Hari senin (11/09/2017)

Kepala Bea Dan Cukai Cabang Kupang M. Budi Iswantoro Kepada Media ini Pada Hari Senin (18/09/2017) pada saat melakukan penyerahan barang Hasil pemeriksaan yang di nyatakan bahwa barang cagar budaya yang tidak bisa di kirim kan keluar negeri kepada Dinas Kebudayaan Provinsi NTT Mengatakan ” barang ini merupakan barang kiriman yang di kirim dari Sumba Barat  dengan Tujuan Ke Negara Singapura.

” Kami pihak Bea dan cukai sesuai dengan SOP nya bahwa barang yang hendak di kirim baik kedalam negeri maupun ke Luar Negeri biasanya di periksa oleh kami pihak Bea dan Cukai dengan menggunakan X – Ray ungkap M. Budi.

Setelah menemukan barang ini yang di duga bahwa barang yang sebenarnya tidak bisa di kirim ke luar negeri. Kami berkoordinasi dengan pihak terkait dan dalam hal ini dinas Kebudayaan Provinsi NTT untuk meneliti lebih jau terkait barang tersebut.

” Hari ini kita serahkan kepada pihak dinas kebudayaan Propinsi NTT karena sesuai dengan hasil penelitian nya bahwa ini merupakan barang peninggalan yang tidak bisa di kirim ke luar negeri.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi NTT Sinun Petrus manuk kepada media ini mengatakan” Kami dari pihak dinas Kebudayaan Provinsi NTT patut mengapresiasi Kepada Pihak Bea dan Cukai yang pada akhirnya berhasil menggagalkan pengiriman barang bersejarah Patung Perunggu ini.

Dari Hasil Penelitian dan identifikasi sementara Kami bahwa barang ini merupakan patung peninggalan sejarah Raja Timor yang terbuat dari perunggu dengan usia kurang lebih di atas Lima Puluh Tahun

” mulai  Hari ini Kami akan karantinakan patung tersebut dan di bersikan sebelum di gabungkan dengan koleksi lainnya yang ada di museum

Untuk mengetahui baik pihak pengirim maupun pihak penerima barang yang sesuai dengan alamat yang telah kami kantongi ‘ nantinya kami akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam hai ini Polres Sumba Barat ungkap Piter manuk.(Fred)