Robert Marut : Taman Renungan Bung Karno Harus Dilestarikan

  • Bagikan

Ende_Klikntt.com-Bakal Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Marsekal Muda TNI (Purn) Robert Soter Marut mengunjungi Taman Renungan dan Rumah Pengasingan Bung Karno di Kota Ende pada, Sabtu 18 November 2017.

Dalam kunjungan tersebut, RSM mengatakan, bahwa Kota Ende memiliki riwayat sejarah tentang perjalanan kehidupan bangsa Indonesia. Menurutnya, di Kota Ende Bung Karno menemukan lima butir pancasila. Oleh karenanya, taman renungan Bung Karno harus dapat dilestarikan.

” Taman renungan dan rumah pengasingan Bung Karno harus kita lestarikan agar dapat diketahui oleh generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Saat membaca buku-buku tentang Soekarno lanjut RSM, Bung Karno menjadikan Kota Ende sebagai tempat menemukan inspirasi untuk perjalanan kehidupan berbangsa. Di Kota Ende Bung Karno menemukan konsep tentang pancasila yang sampai saat ini dijadikan sebagai dasar negara.

” Dari tempat ini lahirlah konsep tentang pancasila yang saat ini dijadikan sebagai dasar negara,” jelasnya.

Menurut Robert, apa yang diprediksi oleh Bung Karno dahulu tentang perkembangan bangsa, saat ini telah terjadi.

” Bung Karno pernah berkara revolusi zaman saya akan lebih mudah karena melawan penjajahan. Di zaman kalian akan sukit karena kaliah akan melawan diri kalian sendiri dan masyarakat indonesia sendiri. Dan itu terbukti sekarang ini,” jelasnya.

Terkait dengan ketokohan Bung Karno, Robert Marut yang juga mantan TNI angkatan Udara ini sangat bangga dan kagum karna keberanianya yang membuat indonesia keluar dari penjajahan.

” Saya sangat kagum dengan ketokohan Bung Karno, dengan keberanian dia membawa indonesia keluar dari penjajahan. Dan semangat itu yang harus kita teladani,” ungkapnya.

Robert, tempat-tempat bersejarah seperti Taman Renungan Bung Karno dan Rumah Pengasingan Bung Karno harus direvitalisasi dan dirawat, sehingga generasi penerus dapat menikmati tempat yang bersejara ini dan dapat mengetahui sejarah .

” Ini merupakan aset yang sangat berharga yang dimiliki bangsa,” ungkap Robert.

Terkait dengan persoalan sampah yang paling krusial yang ada di Taman Renungan Bung Karno, Robert mengatakan ini butuh kesadaran dari masyarakat pengguna taman itu sendiri.

Salah seorang penjaga Taman Renungan Bung Karno yang diketahui Kalianus Nusa mengatakan, sejak Taman Renungan Bung Karno direnovasi beberapa tahun lalu, sampai saat ini tidak ada perawatan sama sekali. Menurutnya, ada beberapa aitem pengerjaan yang sampai dengan saat ini belum dilanjutkan.

Kalianus berharap, pemerintah dapat menganggarkan dana perawatan Taman Renungan Bung Karno. Selain itu harap Kalianus, beberapa item pengerjaan yang belum selesai dapat dilanjutkan proses pengerjaanya.(MN)

  • Bagikan