Pilkada Ende, Syarat Dukungan Kurang Calon Independen Terancam Gugur

0
753

Ende_KlikNTT. Com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende pada hari ini (28/12 ) telah selesai melakukan verifikasi administrasi berkas syarat dukungan pasangan calon (paslon) perseorangan atau independen bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kabupaten Ende di seluruh tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan suara (PPS). Dari hasil Verifikasi dinyatakan bahwa banyak berkas syarat dukungan paslon perseorangan itu kurang dari batas minimal syarat dukungan minimal yang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten ende.

Anggota Kimisioner KPUD Kabupaten Ende H. Djamal Umar Kepada Media Ini Kamis (28/12 /2017) di Kantor KPUD mengatakan, syarat dukungan minimal paslon perseorangan dalam Pilkada Kabupaten Ende 2018 adalah sebanyak 16.000 KTP. Paket PATRIOT sesungguhnya telah mengumpulkan syarat dukungan sebanyak 17.261 KTP atau melebih dari syarat minimal dukungan. Namun, setelah di verifikasi di sembilan kecamatan banyak yang tidak memenuhi syarat dukungan.

Jamal menambahkan untuk menjadi sampel di Kecamatan Ende Selatan dari total dukungan sebanyak 1925  Yang memenuhi syarat dukungan hanya sebanyak 369.

Sementara 1.556 tidak lolos verifikasi karena berbagai alasan. Artinya, syarat dukungan minimal Paket PATRIOT masih kurang KTP. “Dalam verifikasi administrasi ditemukan data adanya dukungan yang tidak memenuhi persyaratan. Seperti yang ada di B1 tidak di-support¬†oleh dukungan KTP. Selain itu, ada syarat dukungan yang tidak sesuai dengan wilayah administrasi PPS,” ujarnya.

” ada juga kendala Utama dalam proses verifikasi yang kami temukan di setiap kecamatan adalah orang yang di tugaskan untuk menjadi penghubung yang di cantumkan di dalam data dukungan tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Lanjut Jamal , sesuai peraturan, paket PATRIOT mempunyai kesempatan untuk mendaftar di KPUD Pada tanggal 8 sampai dengan tanggal 10 Januari nanti bersama dengan paket lain yang di dukung Oleh Partai Politik.

Nanti nya apa bila pada hasil pleno rekapitulasi kami di tingkat KPUD dari total seluruh jumlah dukungan nya Paket PATRIOT tidak mencapai target dukungan yang di berikan maka Paket PATRIOT harus melengkapi dua kali lipat dari jumlah kekurangan syarat dukungan. Jika tidak sanggup menyerahkan dukungan sesuai dengan jumlah yang di minta , maka paslon ini dinyatakan gugur dari pencalonan jalur perseorangan . tegas Jamal. (Fred)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here