31.011 DPT yang Belum Terekam e-KTP, Berpotensi Rawan Kecurangan Pemilu

0
340

 

Ende_KlikNTT. Com-Sebanyak 31.011 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Ende belum terekam e-KTP. DPT sebanyak itu akan berpotensi terjadi kecurangan dalam pelaksanaan pemilu serentak pada tahun 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Panwas Kabupaten Ende, Ester Saga Joka saat Kegiatan Rapat Koordinasi Bersama Stakeholders Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemilu di Hotel Sifa pada, Jumad 29 Desember 2017.

Ester menyebutkan sebanyak 31.011 pemilih yang belum direkam oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Ende. Total jumlah tersebut rata-rata untuk pemilih pemula.

Ester mengungkapkan, pemilih pemula yang belum direkam oleh Dispencapil Ende menjadi potensi rawan paling tinggi. Setelahnya, yakni perhitungan suara yang tidak transparan, penggelembungan suara dan politik uang.

“Kalau belum punya e-KTP, pemilih biasa menggunakan surat keterangan. Persoalan adalah belum terekam sehingga tidak dapat mengeluarkan surat Keterangan ,” ungkap Ester.

Ester khawatirkan jika pihak Dispencapil belum merekam pemilih pemula sebagai DPT. Hal ini menurutnya, sungguh menggangu proses pemilu serentak.

“Kalau belum terekam maka ini menjadi tantangan besar kita. Jadi, kami minta pengawas partisipatif untuk bersama mengawal ini,” kata Ester.(MN)