Paket Calon Perseorangan Terancam Gagal Jadi Peserta Pilkada Ende

0
609

Ende_KlikNTT. Com Pasangan Rafael Ngala, S.IP dan Anton Tonggo, M.Si (Paket Patriot) terancam gugur menjadi peserta dalam kontestasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Ende pada tahun 2018 mendatang.

Paket Patriot terancam gugur karena setelah melalui verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPUD Kabupaten Ende, jumlah syarat dukungan tidak mencapai ambang batas yang ditentukan yakni 16.961 surat dukungan berupa ktp.

Ketua KPUD Kabupaten Ende Florentinus Hani Wadhi mengatakan hal itu usai mengelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Pasangan Perseorangan di Sekretariat KPU pada, Sabtu 30 Desember 2017.

Florentinus mengatakan, total surat dukungan Paket Patriot yang diserahkan KPU ke PPS untuk dilakukan verifikasi sebanyak 16.779. Berdasarkan hasil verifikasi tambah Florentinus, surat dukungan yang memenuhi syarat hanya sebanyak 3.839.

Dari jumlah yang memenuhi verifikasi faktual jelas Florentinus, Paket Patriot masih mengalami kekurangan surat dukungan sebanyak 12.940. Menurut Florentinus, jumlah syarat dukungan minimal yang ditentukan oleh KPU sebanyak 16.961.

” Jika disandingkan dengan jumlah minimal syarat dukungan, maka Paket Patriot masih mengalami kekurangan surat dukungan sebanyak 13.122,” ungkap Florentinus.

Menurut aturan, terang Florentinus, pada saat pendaftaran yang dijadwalkan pada tanggal 8 sampai 10 januari, Paket Patriot harus menyerahkan dua kali dari kekurangan surat dukungan.

” Kalau 13.122 dikali dua maka sekitar 26.244 surat dukungan yang akan diserahkan ke KPU pada saat pendaftaran,” ungkapnya.

Florentinus menegaskan, jika Paket Patriot pada saat pendaftaran tidak mampu menyerahkan surat dukungan sesuai dengan syarat minimal, maka KPUD Ende tidak akan melakukan verifikasi dan paket tersebut tidak dapat menjadi peserta pilkada Ende.(MN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here