Aksi Protes Mahasiswa Unimor Tanggapi Penjualan Buku Ilegal oleh Dosen

0
488

Kefamenanu_KlikNTT. Com_Puluhan mahasiswa Universitas Timor (Unimor) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar unjuk rasa di halaman kampus, Rabu (17/1/2018).

Aksi itu sebagai bentuk protes mahasiswa terhadap dosen Aplikasi Komputer dan Fisika Dasar yang dinila tidak objektif memberikan nilai kepada mahasiswa.

“Selama semester ganjil, tatap muka untuk mata kuliah aplikasi komputer hanya tiga kali pertemuan, sementara mata kuliah fisika dasar juga hanya tiga kali pertemuan. Dosen hanya memberi tugas namun saat penilaian akhir, mahasiswa mendapat nilai E, ini yang kami protes,” ujar koordinator aksi, Valens Kefi kepada wartawan, Rabu (27/1/2018).

Dia menjelaskan, untuk matakuliah aplikasi komputer, dari 213 mahasiswa hanya 43 mahasiswa yang dinyatakan lulus. Sementara mata kuliah fisika dasar, dari 145 mahasiswa yang progran, hanya 13 mahasiswa yang lulus.

Mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus, kemudian diarahkan oleh dosen untuk membeli buku dengan harga Rp. 50.000. Ironisnya, meski sudah membeli buku, mahasiswa tidak dijamin lulus.

Selain itu, lanjut Valens, buku yang dijaul dosen tidak ada kaitan dengan mata kuliah yang diprogramkan mahasiswa.

“Aneh, program aplikasi komputer tetapi isi bukunya tentang demo sains. Kami┬ámenganggap bahwa nilai dan buku yang diberikan itu ilegal karena kampus mempunyai papan informasi,” imbuh Valens.

Pantauan wartawan, mahasiswa melakukan orasi persis di depan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan menuju rektorat. Mahasiswa membawa sejumlah selebaran bertuliskan, ‘Berikan sanksi tegas bagi pelaku pungli’, ‘Berikan penilaian objekktif bagi mahasiswa’, ‘Wujudkan pendidikan ilmiah, graris, objektif bagi mahasiswa’.

Aksi itu berjalan damai. Mahasiswa membubarkan diri setelah berhasil beraudience dengan pihak universitas.(Kev)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here