Koperasi Kartika Buterpra Jalin Kerja Sama Dengan Bulog Subdrive Ende

0
476

Ende_KlikNTT. Com – Koperasi Kartika Buterpra milik Kodim 1602/ Ende saat ini telah tumbuh dan berkembang dengan baik serta dapat memberikan sumbangsih yang cukup tinggi dalam mensejahterakan Prajurit TNI AD/PNS TNI serta keluarganya.

Hal ini disampaikan oleh Dandim 1602/Ende Letkol Kav. Suteja, S.H, M.Si dalam press release yang diterima media ini melalui pesan WhatsApp pada, Kamis 22 Maret 2018.

Suteja mengatakan, koperasi Kodim 1602/Ende telah melakukan terobosan baru dengan melakukan kerjasama dgn pihak lain dengan tujuan meningkatkan Kinerja dan Kualitas Koperasi yang didasarkan pada prinsip usaha saling menguntungkan.

” Salah satunya adalah dengan melaksanakan Perjanjian Jual Beli Beras (PJB) dengan Bulog Sub Divre Ende,” ungkap Suteja dalam pres release tersebut.

Adapun perjanjian ini tambah Suteja, sebagai respon dari Koperasi untuk mendukung daya serap Gabah/Beras Petani di Kabupateb Ende serta merupakan tindak lanjut dari Kerjasama antara Bulog, Kementerian Pertanian dengan TNI -AD.

” Kodim 1602/Ende bertekad menyukseskan pembelian Beras Petani agar tidak dimanfaatkan oleh Tengkulak yang menjerat para Petani maka Babinsa dikerahkan untuk menghimpun beras petani yang berminat menjual berasnya sesuai HPP (Harga Pembelian Pemerintah),” tambah Suteja.

Peran Babinsa selama ini lanjut Suteja, telah berkontribusi mengawal dan mendampingi bersama dengan para petani dan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) mulai dari mengolah lahan, tanam dan panen sampai dengan membantu petani menjual hasil panennya.

” Sehingga diharapkan Petani dapat lebih sejahtera dan Swasembada Pangan Nasional dapat terus dipertahankan,” ungkap Suteja.

Suteja menjelaskan, dengan penandatanganan perjanjian jual beli beras ini bertujuan untuk lebih memudahkan kepada petani saat akan menjual gabah/berasnya karena para Babinsa senantiasa hadir dilapangan siap sedia membantu para petani.

Koperasi Kartika Buterpra jelas Suteja, telah menandatangani MoU jual beli beras dengan Kasubdrive Kabupaten Ende, dengan demikian dapat membantu para petani di Kabupaten Ende untuk bisa menjual berasnya ke Bulog dengan perantaraan koperasi.

Dalam kesepakatan tersebut tambah Suteja, bulog menargetkan 10 ton beras bagi Koperasi Kartika Buterpra untuk membeli beras para petani dalam jangka waktu satu bulan dan selanjutnya dapat diperbaharui sesuai kesepakatan maupun penetapan HPP.

” Semoga dengan adanya Perjanjian ini dapat mensejahterakan Para Petani dan Penyerapan Beras/Gabah Petani di Kabupaten Ende dapat lebih meningkat,” ucap Suteja.(MN)