Kaum Disabilitas Kunjungi DPRD Kabupaten Kupang

0
337

Oelamasi_KlikNTT.Com – Kehadiran kaum Disabilitas di Gedung DPRD Kabupaten Kupang diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yoseph Lede dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan,  Ibrahim Un. Rombongan disabilitas tersebut dipimpin Ketua Persani, dan Siska Solokana hari Senin, (16/04) siang.

Dalam dialog bersama ketua DPRD, Yos Lede dan Ketua Fraksi PDIP, Ibrahim Un, Siska Solokana mengatakan, selama ini banyak kebijakan Pemerintah Kabupaten Kupang yang tidak berpihak pada kaum disabilitas. Hal ini terbukti dengan Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemkab Kupang. Padahal, “Kaum Disabilitas telah mengawal kebijakan yang berpihak pada kaumnya sejak musrembangdes. Namun, kondisi ini terbalik ketika sampai pada Musrembang tingkat Kabupaten Kupang.”

“Selama ini tidak perhatian dari pemerintah terhadap kaum disabilitas di Kabupaten Kupang,” jelas Solokana.

Lanjutnya, agar kehadiran kaum disabilitas di DPRD Kabupaten Kupang dapat menjadi sebuah semangat serta angin segar bagi kaum difabel. Segingga, jika ada usulan menyangkut kepentingan kaum disabilitas bisa dikawal hingga sidang paripurna.

Harapnya, “agar dana pemberdayaan dari Organisasi perangkat Daerah  kaum disabilitas juga menjadi perhatian. Sebab selama ini, Kaum Disabilitas tidak pernah diperhatikan soal dana pemberdayaan. Padahal Mereka sendiri bisa bekerja.” beber Solokana

Ketua DPRD Kabupaten kupang, Yoseph Lede mengatakan, soal pemberdayaan terhadap kaum disabilitas dibutuhkan  data yang akurat agar program pemerintah tidak saja menyentuh manusia normal tapi juga kaum disabilitas. Karena anggaran pemberdayaan harus benar-benar menyentuh kaum disabilitas sendiri. “Data jadi tolak ukur untuk dapat bantuan,” papar Lede.(Boy)