Wawali Kupang Hadiri Hari Kesiapsiagaan Bencana Di Kelurahan TDM

0
400

Kupang_KlikNTT. Com – Wakil Wali Kota Kupang, dr. Herman Man menghadiri upacara Kesiapsiagaan Bencana di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM III), Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT hari Kamis,(26/04) pagi.

Dr. Herman Man, kepada awak media ketika di wawancarai usai upacara mengatakan, “Hari kesiapsiagaan bencana ini merupakan hari yang kita peringati setiap tahun yang di mana tertuang dalam UU No.24 Tahun 2007 tentang hari kesiap siagaan bencana. Jadi Kita jangan hany sekedar upacara saja, tetapi bagaimana kita masyarakat harus ikut serta berpartisipasi, dan selalu siap siaga dalam bencana mulai dari diri sendiri, keluarga, dan juga komunitas,” jelas Man.

Jadi peran serta masyarakat itu harus ada, baik itu di musim panas atau musim hujan. Karena di daerah pinggiran kali seperti ini sangat rawan terhadap musibah longsor. Kita harus ikut apel walaupun panas seperti ini, yang artinya selalu siaga bencana dalam setiap cuaca, walaupun hujan angin, Kita harus saling menolong jikalau terjadi bencana.

Tambahnya, “Kata kunci dari Kesiap siagaan ini adalah kordinasi satu sama yang lain. Oleh karena itu Pemkot harus kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana agar selalu siap siaga dalam setiap saat. Dan kita juga masih sementara mencari lahan untuk pindahkan para warga yamg ada di bibir kali sehingga mereka selalu merasa nyaman,” jelas Man.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ade Manafe mengatakan, “Tujuan dari pada kegiatan ini merupakan hari kesiapsiagaan bencana Nasional yang mana di selenggarakan di seluruh Indonesia pada hari ini, dan tertuang pada UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang hari kesiapsiagaan bencana,” jelas Manafe

Lanjutnya, “Jadi hari kesiapsiagaan bencana ini khususnya untuk Kota Kupang, Kita pusatkan di Kelurahan Tuak Daun Merah, dengan dua agenda kegiatan yang Kita laksanakan yakni, Apel Siaga, dan juga kita lakukan simulasi untuk menunjukan kepada Masyarakat karena di sini juga Daerah rawan, yang mana sering terjadi longsor. Supaya mereka mengetahui, dan selalu siaga,” beber Manafe.

Turut hadir saat itu, Masyarakat Kelurahan TDM, Beberapa Lurah dan Camat, TNI AD, Kepolisian Polres Kupang Kota, BNPB Propinsi NTT, dan Tagana, serta para undangan lainnya.(Boy)

Ket : Foto Wakil Walikota Dr. Herman Man Saat Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana di Kelurahan TDM