178 Kuda Bersaing Rebut Piala Kabupaten Kupang

0
437

Babau_KlikNTT.Com- Pemerintah Kabupaten Kupang, melalui Dinas Pariwisata menggelar lomba pacuan kuda di  Gelora Lifu Batu, Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, di memeriahkan oleh Seratus Tujuh Puluh Delapan (178) Ekor Kuda, guna bersaing merebut Piala Kabupaten Kupang.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang, Sius Kopong kepada media ini hari Rabu,(09/05) sore dilokasi pacuan kuda Lifu Batu. Katanya, “Jumlah peserta yang ikut bersaing dalam piala Kabupaten Kupang Tahun ini sebanyak 178, diikuti oleh 4 Kabupaten yakni, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten TTU, sedangkan dari Kabupaten lain tidak ikut karena karena tidak dapat informasi,” jelas Kopong

Lanjutnya, “Tujuan kegiatan ini juga untuk mempromosikan Bibit, dan bobot Kuda-kuda Kita khususnya di Kabupaten Kupang, dan luar Daerah. Bukan saja dentinasi pariwisata tetapi Kegiatan-kegitan seperti ini perlu Kita tingkatkan agar bisa sampai taraf Nasional.”

“Ada 11 Kelas yang Kita perlombakan yakni, kelas lokal, dan kelas umum. Sedangkan total hadiah yang Kiya siapkan Rp. 250 juta. Jadi juara 1 kelas lokal dikasi uang tunai sekian dan penghargaan, dan juga juara kelas umum juga seperti itu. Kita juga siapkan hadiah khusus untuk yang terbaik juga. Dan hingga hari ini sudah memasuki hari ke tiga,” papar Kopong.

Tambahnya, “Ketika di tanya terkait terancam akan tutupnya lokasi Pacuan Kuda Gelora Libubatu, memang ada Hal-hal kecil yang terjadi seperti itu, Tapi sudah diselesaikan secara kekeluargaan dengan ketua panitia. Kita sudah mengambil Langkah-langkah yang aman, dan baik, karena ini untuk kebutuhan hiburan bagi Masyarakat yang banyak,” tegas Kopong.

Pantauan media ini, berjalannya aksi persaingan lomba pacuan kuda tersebut yang cukup memanas,  berlangsung aman, dikawal ketat oleh puluhan personil Kepolisain Resort (Polres) Kupang, dan Satuan Polisi Pamong Praja, walaupun di hadiri ribuan penonton. “Sementara Tumpukan-tumpukan 2 ret sertu yang mengahalangi pintu gerbang masuk Gelora Lifubatu sudah disingkirkan.” (Boy)