Ketua Join NTT Ajak Mahasiswa Ende Ikut Memerangi Hoax

0
565

Ket Foto : Ketua Join NTT Sedang Membawakan Materi

Kupang _KlikNTT.Com – Masyarakat yang cerdas seperti mahasiswa harus ikut membantu agar berita hoax tidak menyebar secara luas.

Salah satu caranya adalah tidak ikut menyebarkan dan membantu berkampanye anti-hoax.

“Dengan semakin mudahnya masyarakat mendapatkan informasi tanpa saringan yang didapat dari media sosial atau media daring yang tak kredibel,  masyarakat menjadi gampang percaya. Terutama berita-berita yang sensitif menyangkut perbedaan etnis,  agama,  politik,  dan yang lainnya,” Jelas Ketua DPW Join NTT,  Joy Rihi Ga ketika berbicara di hadapan puluhan mahasiswa IPELMEN Kupang , Kamis (24/05/2018).

Sebagai bagian dari masyarakat intelektual, papar Joy, mahasiswa diharapkan ikut dalam memerangi berita bohong (hoax)  yang yang kini marak. Sebab,  berita yang tidak kredibilitas dan kebenarannya sangat meragukan itu,  menjadi ancaman bagi kecerdasan masyarakat, terutama di tahun politik ini. Sebab,  hoax sengaja dibuat dan disebarkan oleh individu atau kelompok,  dengan tujuan tertentu,  salah satunya adalah pembodohan masyarakat.

Sementara Ketua IPELMEN Kupang Edi Naga Ketika di minta tanggapan nya mengatakan,  kegiatan yang diselenggarakan ini sangat positif agar mahasiswa Asal Ende mendapat tambahan ilmu lain selain ilmu yang didapatkan di masa Kuliah

“Ilmu jurnalistik itu penting.  Selain melatih untuk menulis,  juga membuka wawasan mahasiswa agar tahu persoalan-persoalan langsung di masyarakat.  Sebab sebenarnya sosiologi adalah ilmu tentang kemasyarakatan.  Jadi ada koherensi antara sosiologi dengan jurnalistik,” ujar Edi

” Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Join NTT yang bersedia bekerja sama dan membantu secara langsung sebagai narasumber dalam acara tersebut.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Ketua Join NTT hingga acara ini berjalan dengan sukses.  Semoga ke depan kerja sama ini terus berlanjut,” ujar Edi.

Selain berbicara tentang fenomena berita hoax Ketua Join NTT Juga memberikan pandangan tentang perkembangan pers Indonesia,dan Khusus nya di Kupang NTT.(Fred)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here