Bupati Nagekeo : festival seafood merupakan supaya mempromosikan potensi Wisata

0
414

Nagekeo_KlikNTT.Com_kegiatan festival seafood merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan potensi kawasan wisata serta manfaat ikan bagi kesehatan dan produktivitas masyarakat. hal ini disampaikan Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do dalam sambutannya saat membuka acara festival seafood yang berlangsung di Desa Nangadhero, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Jumad (14/6) malam.

” kegiatan festival seafood merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan potensi kawasan wisata yang ada di pantai Nangadhero tepatnya di Desa Nangadhero serta manfaat ikan bagi kesehatan dan produktivitas masyarakat.

Don Bosco menjelaskan, kegiatan festival seafood ini dilaksanakan tepat dipinggir pantai dan diikuti kurang lebih 22 stand dan lopo-lopo olahan hasil laut di pantai Nangadhero.

“Selain akan menikmati makanan khas laut, para pengunjung juga akan menikmati panorama alam nan indah di pantai Nangadhero, namun harus diperhatikan juga jangan membuang sampah sembarangan, tetapi buanglah pada tempat yang telah disediakan oleh panitia,”ungkapnya.

lanjut Don Bosco, kegiatan ini membawa dinamika baru yang melahirkan banyak model. ia berharap kedepan kedepan tidak hanya membuat festival seafood, tetapi ada juga festival daging domba, karena Nagekeo punya khas sendiri untuk mengelolah daging domba.

Dengan adanya kegiatan festival seafood, kata dia kita dapat merangsang para nelayan untuk dapat mendapat ikan yang layak untuk di jual belikan.

“Keramaian di pantai Nangadhero khususnya di lopo-lopo jualan tidak hanya pada acara festival seafood, namun hingga kegiatan ini selesai harus dilaksanakan terus, karena kita harus mempromosikan secara terus menerus di dalam dunia maya, sehingga orang dari luar bisa mengetahui,”paparnya.

Sementara itu Kepala Desa Nangadhero Muhamad Ruslan, mengatakan, kegiatan festival ini merupakan salah satu program kerja dari Desa Nangadhero sekaligus mendukung program kerja Pemda Nagekeo yang memiliki misi besar yakni mari berubah dengan mensosialisasikan tentang potensi dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap kegiatan festival seafood tidak hanya selesai di hari ini dan esok hari, namun harus di tetap di kembangkan terus menerus dari hasil yang kita miliki sekarang ini. Kegiatan ini merupakan hasil yang diprakarsai oleh kelompok pemuda bahari Nangadhero bersama masyarakat desa serta campur tangan pemda Nagekeo,”paparnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Penyelenggara Seafood Festival, Paternus Agung Rewa Bay, dalam laporan panitianya menyampaikan, selain acara seafood festival adapun beragam acara lain seperti perlombaan permainan rakyat, serta lomba nyanyi tingkat pelajar.

Paternus menyampaikan, tujuan dari kegiatan festival seafood ini untuk mengeksplorasi semua hasil kekayaan laut di wilayah Nagekeo demi peningkatan dan pendapatan para kaum nelayan yang ada di Desa Nangadhero.

Selain itu, lanjut Paternus, meningkatkan pemahaman petani-nelayan yang berorientasi pada pariwisata. Serta memperkenalkan dan mempromosi pantai Nangadhero kepada masyarakat Nagekeo lebih khususnya masyarakat NTT.

Turut hadir dalam acara tersebut Forkompinda Nagekeo serta tokoh adat, tokoh agama, para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Aesesa. Serta para undangan lainnya. (Vhiand)