TK St. Theresia Gelar panggung gembira dalam rangka perpisahan dengan 96 Siswa

0
461

Nagekeo, KlikNTT.Com-Taman Kanak-Kanak St. Theresia Danga menggelar panggung gembira dalam rangka pelepasan dan perpisahan dengan 96 anak didik Tahun Pelajaran (Tapel) 2018-2019, di Aula Pondok SVD Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Kamis (13/06/2019).

Ketua Komite TK. St. Theresia, Markus Laru, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelepasan bagi siswa TK St. Theresia ini merupakan moment ekspresi kemampuan, kognitif, efektif dan psikomotorik dari anak didik yang selama ini telah diajarkan disekolah St.Theresia.

Markus mengucapkan terimakasih kepada seluruh orang tua yang telah mendukung kegiatan ini, baik itu dukungan anggaran maupun dukungan lainnya.

Markus juga berharap agar Pemerintah Daerah dan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk tidak melihat acara ini sebagai seremonial dari tahun ke tahun, melainkan momen ini merupakan wadah ekspresi anak-anak.

“Momen ini merupakan usia emas para anak-anak dan apa yang kita tanam kepada mereka selama ini, maka akan dilihat hasilnya 10 sampai 20 tahun kedepan dan acara ini merupakan wadah untuk pembentukan memori fashion,”ungkapnya

Markus menambahkan, pihak sekolah bersama panitia pun telah melakukan berbagai penampilan yang dibawakan oleh para anak-anak TK St. Theresia, penampilan yang ditunjukan antara lain tari-tarian khas daerah Nagekeo, Puisi, menyanyi, serta senam sukur panen. Mereka juga menggunakan pakaian adat khas Nagekeo.

Hal senada disampaikan pula, Suster Kepala St. Theresia. Ansila. KFS, menyampaikan, tujuan pendidikan TK untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani bagi anak untuk melanjutkan ke sekolah SD serta mengasa kemampuan potensi anak-anak.

“TK merupakan pendidikan formal untuk mengajarkan serta membentuk wawasan anak dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam diri anak itu sendiri,”paparnya.

Anak TK St. Theresia, lanjut Suster Ansila, tahun pelajaran 2018-2019 semuanya berjumlah 125 orang anak, hari ini ada 96 orang anak menggelar acara pelepasan dan pelepasan karena mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang tingkat SD.

“Saya berharap orang tua tidak usah canggung-canggung untuk menitip anaknya untuk masuk ke TK. St. Theresia,”ajaknya.

Sementara itu Bunda PAUD Nagekeo, dr. Yayik Pawitra Gati, Sp.M, menyampaikan pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini, karena menumbuh kembangkan nilai-nilai universal dan mengembangkan karakter bangsa semuanya dimulai sejak usia dini. Karena anak usia dini dalam perkembangan yang paling cepat dalam berbagai aspek termasuk aspek agama, moral, sosial, intelektual, dan emosi.

Yayik menambahkan, perlakuan pendidikan yang diberikan pada usia dini diyakini akan terpatri kuat di dalam hati dan pikiran anak yang jernih. Jika anak di didik dengan baik, diberi contoh yang baik serta dibiasakan hidup dengan nilai dan karakter yang, maka mereka cenderung menjadi orang yang baik, yang berhati emas, berpikiran positif dan berbudi mulia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Yayik, lingkungan tempat tinggal dan sekolah berperan aktif dalam memberi stimulus kepada perkembangan sosial emosional anak usia dini. Anak-anak kita dalam usia 30 tahun kedepan kita tidak tahu perkembangan seperti apa, oleh karena itu dengan era digital yang semakin tinggi kita perlu melakukan pendidikan karakter kepada anak-anak kita yang masih usia dini.

Pantauan awak media, acara pelepasan dan perpisahan anak didik Tahun Pelajaran (Tapel) 2018-2019, di Aula Pondok SVD yang bertemakan Jadilah Bintang Yang Unggul ini di tandai dengan misa syukur yang dipimpin Rm. Edi Sayang, Pr. Serta dihadiri orang tua dari anak-anak yang memadati aula pondok SVD-Danga. (Vhiand)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here