PREMAN Nagekeo Gandeng PMI Gelar Donor darah

0
513

Nagekeo, KlikNTT.Com-Pemuda dan Remaja Masjid Nagekeo, atau disingkat PREMAN Nagekeo,bekerja sama dengan PMI Kabupaten Nagekeo, mengelar kegiatan donor darah.

Kegiatan tersebut melibatkan 15 orang pendonor darah dan 3 orang petugas PMI Nagekeo yang berlangsung di Masjid Baiturrahman Alorongga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.Selasa (03/09/2019)

Salah satu Koordinator Humas PREMAN Nagekeo Maqbul Safar saat ditemui media, menjelaskan bahwa kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

“Kegiatan donor darah ini memang merupakan yang pertama kalinya kami adakan,”jelas Safar. Lanjutnya, “Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap kebutuhan akan stock darah untuk PMI Nagekeo yang dapat digunakan untuk menolong sesama,ada hal lain yang ingin kami sampaikan melalui kegiatan ini,” kata Safar.

Safar menambahkan bahwa kegiatan donor darah merupakan manifestasi semangat persatuan dan kekitaan dalam masyarakat Kabupaten Nagekeo.”Lewat kegiatan mendonorkan darah,PREMAN Nagekeo ingin menyampaikan bahwa masyarakat Nagekeo adalah satu keluarga besar dan memiliki darah yang sama.Nagekeo tidak akan terpecahkan oleh isu perbedaan suku,adat dan agama.

Buktinya adalah darah yang didonorkan dapat digunakan untuk menolong siapa pun,tanpa peduli suku,RAS maupun agamanya,”tegas Safar.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Nagekeo Kristianus P.Jogo memberikan apresiasi kepada PREMAN Nagekeo.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada PREMAN Nagekeo.Kegiatan ini sangat positif, terlebih karena digagas oleh kaum muda Nagekeo,” katanya. Lanjut Rispan bahwa kebutuhan darah di Kabupaten Nagekeo mencapai 40 kantong per bulannya.” Kondisi 1 bulan terakhir ini sudah mencapai 40 kantong kebutuhan utk 30 org pasien, itu dilayani oleh UTD PMI Kabupaten Nagekeo,” katanya.

Rispan menjelaskan bahwa kebutuhan tersebut tentu akan meningkat jika di RSD Aeramo telah tersedia Ruang Operasi serta dokter kandungan.” Jika di RSD Aeramo telah ada dokter kandungan dan ruang operasi telah digunakan, tentunya kebutuhan akan pasokan darah akan meningkat,”lanjutnya.”Karena itu saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PREMAN Nagekeo.

Dirinya berharap ,hal baik yang telah dimulai oleh PREMAN Nagekeo dapat menginspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Nagekeo, terutama generasi muda,untuk melakukan hal yang sama,yaitu mendonorkan darah,”harapnya. Tambah Rispan, bahwa dari kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Pemuda dan Remaja Masjid Nagekeo,telah berhasil dikumpulkan 13 kantung darah.”Jumlah tersebut tidak sedikit, dan akan sangat bermanfaat untuk menolong sesama”,ujarnya.

Lebih lanjut Kristianus mengharapkan perhatian dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Nagekeo untuk mensupport terbentuknya Unit Tranfusi Darah PMI Kabupaten Nagekeo.”Dukungan yang kami butuhkan menyangkut izin pendirian dan penyelenggaraan, yang merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 83 Tahun 2014 tentang Unit dan Pelayanan Transfusi Darah,”jelasnya.”Supaya kelak jika ada kegiatan donor darah, dapat kita lakukan di UTD PMI Nagekeo,” katanya. (VD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here