Tingkatkan Kualitas  ASN di Kabupaten Ende, Bappeda  Selenggarakan Bimtek 

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten Ende selenggarakan Bimbingan teknis (bimtek) penyusunan rancangan rancangan program jangka menengah daerah (RPJMD), rencana strategis (Renstra) dan rencana lerja (Renja), di aula syuradikaramart dari tanggal10-12 september 2019.

Yang hadir saat itu Dirjen Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri ( sondang lumban ),sekretaris daerah kabupaten ende,  sekretaris Bappeda dan 130 peserta Bimtek dari organisasi perangakat daerah.

Bupati Ende H. Djafar Ahmad dalam sambutanya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Agustinus G. Ngasu mengatakan Susunan RPJMD , Renstra dan Renja perangkat daerah Kabupaten Ende ini yang dilaksanakan melalui kerjasama antara pemerintah Kabupaten Ende dengan Dirjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia salah satu upaya pemerintah Kabupaten Ende dalam rangka peningkatan dan pengembangan kompetensi perencanaan yang menjadi hal penting dan kebutuhan bagi seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Ende.

Tujuan dari bimtek untuk meningkatkan kompetensi tenaga perencana agar memiliki wawasan serta keterampilan analisis dalam penyusunan dokumen dokumen perencanaan daerah. Penyusunan Rencana RPJMD Renstra dan Renja perangkat daerah ini pada prinsipnya untuk memberikan acuan kepada pemerintah daerah dalam menyiapkan dokumen rencana pembangunan daerah yang komprehensif.

” Mengacu pada Renstra perangkat daerah yang akan menjadi acuan penyusunan dokumen kebijakan umum anggaran dan APBD tahun 2020 dan dibahas bersama DPRD serta para pimpinan perangkat daerah agar terlibat aktif dalam mengendalikan dan mengawasi proses penyusunan Renstra dan Renja masing-masing sehingga dapat sesuai dengan target Waktu penyelesaiannya dan kedepan menjadi lebih mudah untuk menerjemahkan visi misi program pembangunan daerah”, katanya.

Djafar menambahkan dalam pelaksanaan teknis pekerjaan sesuai dengan urusan yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing sehingga secara bersama-sama kita dapat mewujudkan karakteristik dengan membangun dari desa dan kelurahan menuju masyarakat yang Mandiri Sejahtera dan berkeadilan.

Ia berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan disiplin tinggi dan tanggung jawab, ini juga dapat dijadikan forum untuk Sharing dan diskusi secara bersama dalam mencari solusi terhadap berbagai kendala yang dihadapi selama dalam proses penyusunan berbagai dokumen perencanaan daerah. (elthon).

  • Bagikan