Bupati Kupang Minta Kades Kelola Dana Desa Dengan Baik dan Sungguh-sungguh

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Jabatan sebagai Kepala Desa (Kades) merupakan kepercayaan dari masyarakat yang perlu dipertanggung jawabkan dengan bekerja sungguh-sungguh demi kemajuan pembangunan di Desa. Kepala Desa juga harus mampu membangun kerjasama dan berkolaborasi bersama BPD dan pendamping Desa sehingga program pembangunan di Desa dapat berjalan secara baik dan maksimal. Demikian disampaikan Bupati Kupang, Korinus Masneno saat membuka Rapat Koordinasi Bagi para Camat, Kepala Desa dan BPD di Lingkup Pemkab Kupang, Senin (30/09) bertempat di aula Kantor Bupati Kupang.

Lebih lanjut, Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah dapat memberikan manfaat nyata bagi pembangunan di Desa. Pembangunan di Desa harus sesuai dengan potensi yang dimiliki Desa dan dikembangkan secara baik. “Para Kades buat terobosan pembangunan terbaik, ambil langkah-langkah strategis,” jelas Masneno.

Dirinya mengingatkan perangkat Desa memperhatikan administrasi dan pertanggung jawaban secara baik. Setiap kegiatan yang dilakukan harus disertai dengan bukti fisik serta administrasi yang baik. Dalam berkerja, Bangun komunikasi dan jika mengalami kesulitan, jangan diam-diam saja, segera koordinasi untuk dicari solusinya. pedomani aturan yang ada jangan sampai menyalahi, apalagi sengaja melanggar.

“Baru-baru ini saya menandatangani SK Pemecatan bagi 11 ASN yang tersandung kasus korupsi, kasian, sampai air mata saya jatuh. Saya tidak menginginkan ada lagi Perangkat Desa maupun ASN yang terjerat kasus hukum,” ungkap Masneno.

Tambahnya, Kepada para Camat dengan tegas orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut istruksikan agar membangun koordinasi yang baik dengan Perangkat Desa diwilayahnya. Selain itu dirinya harapkan para Camat dapat memberikan bimbingan dan pendampingan bagi para Kepala Desa dalam mensukseskan kegiatan pembangunan di Desa.

“Mari kita semua berkerja dengan baik, jangan takut berbuat yang terbaik demi membangun masyarakat. saling menolong dan menjadi berkat buat sesama, saling membangun demi Kabupaten Kupang yang maju dan sejahtera,” pesannya.

Asisten intelejen Kajati NTT, Bambang Setiadi dalam paparannya menyatakan Kepala Desa memiliki kewenangan penuh terhadap pembangunan di Desa. Untuk itu dirinya berharap para Kades memahami aturan dan mekanisme pengelolaan Dana Desa. “perangkat Desa harus memiliki pemahaman dan pengertian akan tugasnya sehingga tidak salah arah,” pesan Bambang.

Kepada para Kades dan perangkat Desa lainnya, Bambang berpesan agar jangan takut bekerja dan mengelola Dana Desa dengan baik. Kades jelasnya bukan obyek pelanggar hukum melainkan obyek pembinaan hukum sehingga dapat berkerja secara baik.

Sementara Kadis PMD Kabupaten Kupang, Charles Panie dalam laporannya menyatakan kegiatan Rakord bagi Camat, Kades dalam rangka menyatukan persepsi, pemahaman dan sekaligus evaluasi dalam penyelenggaraan pembanguan di Desa.

Turut hadir, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Asisten Intelejen Kajati NTT, Bambang Setiada, Asisten II Setda Kabupaten Kupang Jemmy Uli, Kadis PMD Kab. Kupang Charles Panie, Pimpinan OPD, para Camat, dan para Kades se–Kabupaten Kupang. (Boy-Humas Kab. Kupang).

  • Bagikan