Warga Mbulilo’o Rela Berjalan Kaki Sejauh Satu Kilometer Untuk Mendapatkan Air Bersih

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com_Krisis air bersih dialami di sejumlah desa di kabupaten Ende, salah satunya adalah Desa  Mbulilo’o dusun Ratembue Kecamatan Wolowaru. Untuk mendapatkan air minum bersih warga harus  berjalan kaki sejauh satu Kilo Meter (KM) untuk mengambil air minum bersih karena sumur bor bantuan pemerintah pada tahun 2013 telah rusak pada mesin pengisap air.

Tomi Seja salah satu warga Ratembue Kepada Media ini Senin (4/11), mengatakan kekurangan air bersih sudah dialami sejak bulan mei lalu, apalagi musim kemarau berkepanjangan sehingga  debet air pun semakin kecil.

” sudah lima bulan warga ratembue kesulitan air bersih sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga harus berjalan kaki mengambil air dimata air aewani ” ucapnya.

Lanjut tomi, warga berjalan kaki sejauh satu kilometer dengan kondisi jalan yang rusak parah dan menyusuri bukit dengan membawah ember atau jirigen untuk memikul air minum bersih.

Selain itu, warga untuk memenuhi kebutuhan lainya sebagian masyarakat harus membeli air tengki dengan harga yang cukup tinggi.

Ia berharap adanya bantuan pemerintah daerah terkait perbaikan mesin pengisap air, sehingga kebutuhan warga akan air minum bersih bisa terpenuhi.

Hal senada juga disampaikan oleh  Martinus Meti yang mengatakan selama ini kami kesulitan mendapatkan air minum bersih, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi dan mencuci kami harus berjalan kaki untuk mengambil air.

” kami berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah, karena air merupakan kebutuhan utama”,katanya

Penulis : Elthon Rete
Editor : Fred Siga

  • Bagikan