Kadis PMD NTT : PLD Cerdas Tergantung Trainernya

  • Bagikan

Kupang_KlikaNTT.Com– Kepala Dinas PMD NTT Petrus Sinus Manuk dalam pembukaan Pelatihan Bagi Pelatih (ToT) Pelatihan Kapasitas Pendamping Lokal Desa mengungkapkan kehadiran Pendamping Lokal Desa (PLD) sangat penting dalam pembangunan desa. Tugasnya sebagai fasilitator atau memfasilitasi kegiatan yang bersumber dari Dana Desa, bersama Pemerintah Desa dan Masyarakat, sangat menentukan majunya sebuah desa.

Karena itu, lanjut Petrus, melalui ToT ini diharapkan mampu menghasilkan para PLD yang memiliki kemampuan luar biasa dalam memfasilitasi pembangunan desa.

“Para pelatih harus melatih para PLD dengan baik, agar bisa menghasilkan PLD Cerdas. Kalau sudah menghasilkan PLD yang cerdas, tentu akan meningkatkan Desa menuju kemandirian,” ujarnya.

Kepada peserta ToT, Petrus meminta agar mengikuti pelatihan ini degan serius, agar semua materi bisa diserap dengan baik, dan mampu mentransfer kepada seluruh PLD.

“Para peserta ToT jangan terlalu banyak merokok diluar, harus ikut materi dengan baik dan benar. Kalau bagus Trainernya, tentu bagus PLD nya nanti,” tegas Petrus.

Reward untuk PLD

Menurut Petrus, kehadiran PLD yang sudah lama bersama masyarakat di desa harus diberi Reward. Untuk itu, dia meminta kepada Korprov NTT agar merekomendasikan 10 nama PLD terbaik, agar bisa dipilih 7 PLD terbaik dan diberi Reward.

“Kita harus beri apresiasi kepada mereka PLD yang sudah bekerja keras bersama masyarakat desa untuk membangun desa. Berkaitan dengan jenis rewardnya segera kita pikirkan. Sehingga, saat pelatihan PLD tgl 25 November nanti, kita beri hadiah itu,” ujarnya.

Korprov NTT Angge Kandidatus mengungkapkan, para peserta berjumlah 84 orang yang berasal dari 21 kabupaten se-NTT.

“Setelah mengikuti ToT ini, mereka akan melatih para PLD yang berjumlah sekitar 850-an orang di Kupang,” ujarnya.

Menurut Angge, pihaknya optimis ToT ini berjalan baik dan bisa menghasilkan para trainer yang berkemampuan untuk melatih PLD. (Muis)

  • Bagikan