Wamen Desa dan PDTT Ajak Masyarakat Ende Awasi Dana Desa 

0
636

Ende_KlikNTT.com – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, Selasa (17/12), mengunjungi lima desa yang ada di Kabupaten Ende. Kelima desa tersebut yakni Desa Nanganesa, Bhera Mari, Uzuramba Barat dan Wawonato. Dalam kunjungan perdana di Kabupaten Ende, Budi Arie didampingi anggota Senator muda asal Ende, Angelo Wake Kako.

Dalam sambutannya, Budi Arie mengatakan, kunjungan ke Ende bertujuan untuk melihat secara langsung dan memastikan penggunaan dana desa agar benar-benar berguna bagi kepentingan masyarakat. Untuk itu dia mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam pembangunan di desa, dengan mengawal penggunaan dana desa.

“Penggunaan dana desa harus berbasis kepentingan masyarakat, sehingga perlu partisipasi masyarakat desa,” ujar Budi Arie.

Budi Arie menyebutkan, target lima tahun ke depan, dana desa mampu mengentaskan kemiskinan, mendukung kemajuan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa seperti yang sudah diarahkan oleh Presiden Joko Widodo. Sebab prinsip pemanfaatan dana desa adalah untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berujung pada peningkatan sumber daya manusia, ekonomi kerakyatan dan kesehatan masyarakat.

Menurut Budi Arie, pemerintah pusat tidak bisa mengawasi penggunaan dana desa dan menyelesaikan persoalan hingga ke tiap-tiap desa. Dengan demikian pemerintah mengharapkan gotong royong dan keterlibatan semua stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsi pokok masing-masing.

“Kalau ada masalah, sebaiknya langsung cari dan temukan solusi untuk mengatasinya. Rakyat jangan jadi penonton dalam proses pembangunan. Pengawasan dana desa terbaik adalah lewat peran aktif masyarakat itu sendiri,” katanya.

Kepada para kepala desa, Budi Arie berharap agar mereka benar-benar menggunakan dana desa untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, kepala desa harus transaparan dan mendorong peran serta masyarakat untuk sama-sama mengawasi penggunaan dana desa.

Pantauan media ini, selain berdialog dengan masyarakat terkait dengan penggunaan dana desa, Wamen Budi Arie juga meninjau sarana prasaran di lima desa tersebut yang dibangun menggunakan dana desa. Seperti sarana air bersih, balai posyandu dan lain sebagainya.

Penulis : Elton Rete

Editor.  : Fred Siga

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here