Wisuda Perdana, Lulusan STKIP Simbiosis Harus Bisa Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com  – Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Simbiosis, Ende-Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) , Sabtu (21/12) menggelar sidang senat terbuka dalam rangka wisuda serjana tahun akademik 2019/2020. Sidang senat terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua STKIP Simbiosis Bernadus G. Longa.

Dalam sambutannya, Bernadus G. Longa mengatakan, wisuda kali ini merupakan wisuda perdana untuk STKIP Simbiosis. Momen ini sangat mengharukan karena perjuangan cukup panjang ini dilewati dengan beragam kekurangan dan kelebihan yang dialami mahasiswa.

“Para wisudawan harus mampu menjadi sarjana yang siap bersaing menghadapi era revolusi industri 4.0 dan mampu menciptkan lapangan pekerjaan sendiri,” ucap Bernadus.

Bernadus berharap, para wisawan/ti menjadi duta-duta STKIP Simbiosis untuk membawa suatu perubahan di masyarakat sekaligus memperkenalkan kampus tersebut sehingga banyak orang yang datang dan beragabung bersama STKIP Simbiosis.

Sementara Bupati Ende, Djafar Ahmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Ende, John Vitalis Tote mengatakan, momen wisuda kali ini merupakan peristiwa yang bersejarah karena untuk pertama kali STKIP Simbiosis melahirkan para sarjana. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Ende menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada para civitas akademika STKIP Simbiosis serta wisudawan wisudawati untuk prestasi luar biasa tersebut.

“Kehadiran perguruan tinggi saat ini sangat penting dan benar-benar dibutuhkan. Perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini,” sebut John mengutip sambutan Bupati Ende.

Selain itu, lanjut Bupati, perguruan tinggi juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan mendapat perhatian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menjawab kebutuhan globalisasi kedepannya.

Menyikapi arus globalisasi saat ini, kedepannya perguruan tinggi dituntut untuk mampu melakukan inovasi dengan menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang handal dan berkualitas serta memiliki karakter dan mempunyai kompetensi di bidangnya. Hal ini dimaksudkan ketika para sarjana terjun di lapangan kerja secara nyata mampu membuat inovasi dan terobosan terbesar bagi pengembangan dunia pendidikan khususnya pendidikan olahraga. Dengan demikian, kehadiran sarjana pendidikan dari lembaga ini diharapkan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dengan kompleksitas persoalannya, sehingga pendidikan kita semakin berkualitas.

Bupati menambahkan, sudah saatnya para mahasiswa dituntut untuk bisa berinovasi menciptakan hal-hal baru khususnya di bidang pendidikan hal ini Tentunya dengan maksud agar ada nilai tambah positif dari keberadaan mahasiswa khususnya mahasiswa STKIP simbiosis sehingga apa yang menjadi visi misi dari perguruan tinggi ini dapat terjawab. Oleh karena itu para mahasiswa harus diberi ruang seluas seluas-luasnya untuk bisa berinovasi dengan mengembangkan semua bakat dan kelebihan yang dimiliki oleh penyimpangan yang terjadi sehingga kualitas pendidikan di wilayah kita semakin baik dan terdepan.

Bupati Ende di akhir sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika STKIP simbiosis yang selama ini telah mendukung pemerintah. Bupati juga mengharapkan dukungan dari lembaga pendidikan tersebut agar senantiasa tetap berkiprah di tengah masyarakat dalam berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan khususnya di sektor pendidikan.

Penulis : Elton Rete

Editor.  : Fred Siga

  • Bagikan