12 Warga Ende  Terserang Penyakit DBD

0
92

Ende_KlikNTT.com_Sebanyak 12 orang warga masyarakat Kabupaten Ende yang tercatat terserang penyakit   demam berdarah dongue (DBD),Hal itu disampaikan kabid P2P. Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Ahmad Gulung kepada media ini diruang kerjanya Rabu  (22/01/2020).

” ada beberapa warga yang terserang penyakit DBD yaitu di Puskesmas Onekore tiga kasus, Puskesmas kota ende lima kasus, puskesmas kota ratu tiga kasus dan Puskesmas Ngalupolo satu kasus, namun sampai saat ini belum ada korban jiwa.

Ahmad menambahkan hingga kini pihak dinas kesehatan kabupaten ende sudah melakukan fogging dan pembagian obat abate bagi warga kota ende, untuk mencegah wabahnya penyakit DBD”, ucapnya.

Untuk puskesmas dari luar kota belum ada laporan tetapi kita tetap berkoordinasi bila terjadi segera dilaporkan sehingga kita bisa mengetetahui dan cepat mengatasi.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan dan menjaga lingkungan tetap bersih sehingga penyakit ini tidak berkembang.

Menanggapi maraknya wabah Penyakit DBD di Beberapa daerah di NTT Salah satu Anggota DPRD kabupaten Ende, Megi Siga Sare mengatakan dengan adanya beberapa kasus DBD yang sudah terjadi tersebut pihak dinas kesehatan harus melakukan pencegahan sebelum penyakit ini terus bertambah.

” pihak dinas kesehatan dan puskesmas yang ada dalam kota harus jemput bola jangan menunggu korban datang dulu baru di tindaklanjuti tetapi segera melakukan pendindakan seperti fogging agar korban DBD tidak bertambah “, tegasnya.

Kalau dalam kota sudah mengalami 12 kasus apalagi nanti diluar kota karena jarak rumah sakit dan puskesmas yang cukup jauh.

Ia berharap dinas kesehatan dan puskesmas berperan lebih aktif untuk menekan serangnya penyakit DBD tersebut.

Penulis. : Elton Rete