Kodim 1602 Ende Latih 235  Pemuda  Ende yang akan Masuk Seleksi Prajurit TNI

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com Kodim 1602 Ende melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Awal Calon Tamtama Gelombang Pertama T.A. 2020, bertempat di Ruang Data Makodim 1602/Ende (Rabu,29/01/2020).

Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin S.I.P.,M Tr (Han) Kepada Media ini mengatakan”Wilayah provinsi NTT, Kodim 1602  Ende menjadi yang pertama dan sebagai pelopor pelaksanaan kegiatan pembinaan ini sehingga kodim lain juga sudah mulai melakukan hal yang sama seperti Kodim Sikka, Kodim Larantuka dan Kodim TTU, tetapi yang secara global dan permanen melakukan latihan selama kurang lebih 2 bulan sampai 3 bulan hanya di Kodim 1602/Ende.

” Ini merupakan pembinaan yang ke tiga kali untuk calon prajurit kita, mudahan-mudahan ada faedahnya, kita inginkan hasil yang baik. Generasi ini kita buka pemikiran posistifnya agar memiliki semangat bersaing dengan para pemuda dari daerah lain untuk menjadi prajurit TNI.

Mochamad menambahkan kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan kader penerus dari Ende untuk menjadi prajurit TNI, karena disinyalir saat ini masyarakat kabupaten Ende yang menjadi prajurit belum mencapai 200 orang.

Masyarakat asli Ende yang menjadi prajurit belum sampai diangka 200 orang, hal ini yang membuat kami dari Kodim dan Pemda berupaya untuk bagaimana caranya untuk meningkatkan semangat juang, semangat bersaing dan semangat berkompetisi pada saat mengikuti seleksi menjadi prajurit.

“Saya tidak tahu apakah hasilnya ini bagus atau tidak, semuanya tergantung dari hasil pendidikan, tetapi saat ini informasi dari tempat pendidikan prajurit yang sudah lolos untuk siswa  dari Ende Alhamdulillah tidak ada yang bermasalah ataupun mengalami kendala seperti ada siswa yang dipulangkan dan sebagainya” ungkapnya.

Lanjut Mochamad Saat ini pendaftaran masih di angka 235 orang harapan Kami adalah bisa melebihi dari yang tahun kemarin dari gelombang kedua kemarin sampai 320 kita mengajak para Babinsa, kepala desa dan Camat  serta Lurah untuk sosialisasikan dan  menjaring mengajak para generasi Pemuda agar bisa bergabung dengan Prajurit TNI.

Selain itu, kita siap untuk membimbing dan membantu dan program pembinaan ini bukan hanya dari segi keindahan fisik tetapi kita juga akan mengarahkan untuk mengembalikan mental dan ideologinya juga psikologinya.

” Motivasi dan arahan ini penting diberikan agar saat nnti menjalani sejumlah rangkaian tes bisa mendapatkanhasil yang memuaskan atau lolos, karena memang perlu persiapan yang matang dari calon  prajurit TNI “,

Penerimaan calon Tamtama akan dilaksanakan sebanyak dua kali yakni gelombang pertama pada bulan maret dan gelombang berikutnya akan dilaksanakan sekitar bulan oktober, sedangkan untuk calon bintara penerimaannya akan dilaksanakan pada bulan juli.

Ia berharap kepada para peserta agar mengikuti rangkaian kegiatan ini secara baik dan tetap menjaga kesehatan.

Penulis : Elton Rete

  • Bagikan