Masyarakat Maurongga Hibah Tanah Tiga Hektar Kepada Kodim 1602 Ende

0
390

Ende_KlikNTT.com Masyarakat Maurongga, Desa Raporendu, Kecamatan Nangapenda menyerahkan tanah seluas tiga hektar ke Kodim 1602 Ende untuk pembangunan sarana dan prasarana TNI AD. yang dilaksanakan di kantor Desa Raporendu. (15/02/2020).

Tanah diserahkan langsung oleh Bpk. Pua Abama kepada Dandim 1602/Ende sebagai pemilik lahan disaksikan oleh Bupati Ende, Kepala Desa Raporendu dan perwakilan keluarga besar Bpk. H. Arifin serta segenap tokoh masyarakat dan peserta yang hadir.

H. Arifin sebagai perwakilan keluarga besar pemberi hibah menyampaikan bahwa dirinya dan keluarga besar telah bersepakat untuk menghibahkan tanah ini kepada TNI Angkatan Darat untuk kepentingan negara melalui Kodim 1602/Ende .

“Saya dan keluarga telah sepakat untuk memberikan sesuatu kepada TNI Angkatan Darat berupa tanah untuk kepentingan negara dalam hal ini Kodim 1602/Ende untuk keperluan pembangunan sarana prasarana TNI Angkatan Darat”

Ia menambahkan mewakili keluarga menyampaikan bahwa saya dan keluarga telah sepakat menyerahakan sedikit tanah ini untuk TNI Angkatan Darat tanpa sarat dan kepentingan negara di atas segala-galanya.

” Kita sebagai rakyat wajib untuk menyerahkan sedikit hak kita demi kepentingan negara, jadi kami akan serahkan sebidang tanah yang lokasinya di Mbewe – Maurongga kurang lebih 16 km arah barat kota Ende “, ungkap Arifin.

Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, MM. dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas niat baik dari masyarakat yang memiliki lahan melalui Bpk. Pua Abama yang dengan iklas hati memberikan sebidang tanah untuk TNI. Ini adalah suatu hal yang luar biasa dan patut diberi apresiasi dan penghargaan karena telah menghibahkan tanah tanpa imbalan apapun.

“Sesungguhnya ini adalah hibah tanpa dibayar dengan uang sepeserpun, jika harus dibeli dengan uang maka tidak akan bisa, Tentara tidak punya duit, ini adalah pemberian iklas dan kita yakin pahalanya akan besar, karena tanah diberikan kepada negara dan negara melalui TNI akan dipakai untuk kepentingan rakyat”, tegasnya.

Bupati Ende juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak H. Arifin dan Pua Abama dan keluarga besar yang telah memberikan tanahnya untuk dipergunakan bagi kepentingana negara ini. Kita berbangga karena ada kemauan baik sekelompok masyarakat ini

Ia juga mengharapkan agar masyarakat yang memiliki lahan untuk tidak segan-segan menghibahkan lahannya bagi pemerintah yang dimanfaatkan untuk kepentingam Pembamgunan.

Dandim 1602/Ende, Dandim 1602/Ende Letkol Inf Moch. Fuad Suparlin, S.I.P., M.Tr (Han) Peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat diperlukan dalam mendukung percepatan pembangunan, tentunya bentuk peran dan partisipasi tersebut sesuai dengan tugas, tanggung jawab dan kemampuan kita masing-masing.

Dengan menyerahkan tanah ini salah satu bentuk kesadaran dan  kepedulian masyarakat kabupaten Ende terhadap negara untuk sebuah pembangunan di daerah.

” Membelah negara bukan saja mengangkat senjata dan bukan dengan berperang tetapi ikut partisipasi dalam program pembangunan Pos TNI ini juga salah satu bentuk kesadaran dan partisipasi “, ungkapnya.

Rencananya lokasi tersebut pada tahun 2021 akan diusulkan untuk didirikan sebuah satuan Koramil untuk Koramil Kecamatan Nangapanda dan sebagaisarana dan prasana latihan TNI Angkatan Darat.

” terima kasih kepada masyarakat maurongga yang telah hibahkan tanahnya kepada TNI AD “, ucapnya.

Pada kesempatan yamg sama Dandim/1602 Ende juga menyerahkan bantuan berupa 60 dos keramik dan 20 sak semen untuk pembangunan gedung kantor Desa persiapan Maurongga.

Penulis : Elton Rete