Polres Ende Tangkap Pelaku Perdagangan Orang, Satu Perempuan Jadi Korban

0
716

Ende_KlikNTT.com  Satu orang perempuan berasal dari Manggarai Timur ( Borong), menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus menjamin pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga di jakarta dengan gaji Rp 2.000.000 per bulan yang secara ilegal.

Kepolisian resort Ende menangkap satu orang palaku (MY) dan korban (SWK) terkait kasus perdagangan di bandara Haji Hasan Araoeboesman Ende, pada tanggal 16 februari 2020.

Kapolres Ende, Achmad Muzayim mengatakan kasus ini berawal dari pelaku MY (49) membawah korban SWK (35) ke bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende untuk diberangkatkan ke jakarta, namun korban menolak sehingga melaporkan kepada pihak kepolisian.

Dari kejadian ini pihak kepolisian resort ende mengambil tindakan dengan menangkap pelaku untuk mengambil keterangan.

” Tersangka (MY) merekrut, mengangkut, menampung dan mengirim korban melalui bandara H.H. Aroebuesman Ende untuk bekerja sebagai PRT yang akan diterima oleh (RZ)”, katanya.

Dalam perekrutan tersangka (MY) menjanjikan kepada korban (SWK) dengan gaji Rp 2.000.000 per bulan, namun saat di penampingan di jalan kelimutu ende melalui telepon (RZ) menyampaikan bahwa gaji korban sebesar Rp1.750.000 per bulan lalu dibayar setengah dan setengahnya dipegang oleh majikan sebagai ikatan.

Saat di penampungan korban (SWK) sempat mau melarikan diri namun dijaga ketat oleh pelaku (MY), korban juga di ancam oleh pelaku kalau tidak mau berangkat berarti harus kembalikan uang semua biaya pengeleuaran termasuk uang tiket “, jelas Achmad Muzayim.

Pelaku disangkakan dengan pasal 2 ayat (1) JO pasal 10 UU RI No.21 tahun 2017 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman 15 tahun penjara dan atau denda 600 juta rupiah.

” Dari tangan pelaku kami berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor yamaha mx dan satu lembar tiket dengan tujuan Ende – Jakarta “, ucapnya.

Sehingga pelaku saat ini sudah ditahan dan korban kita amankan dirumah keluarganya dan saya menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten ende agar tidak mudah percaya atas tipu orang yang menjanjikan sesuatu dipekerjakan diluar daerah

Penulis. : Elton Rete