Angka Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Kupang Meningkat

0
310

Oelamasi_KlikNTT.com- Memasuki Tahun 2020, Angka Kemiskinan di wilayah Kabupaten Kupang bisa saja meningkat. Karena sampai sekarang sebagian Masyarakat yang mayoritas petani ladang belum tanam.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kupang, Johanis Winan Tehusalawane kepada awak media di Civic Center Oelamasi, Kabupaten Kupang Senin,(24/02) siang. Angka kemiskinan khususnya di wilayah Kabupaten Kupang Tahun 2019, Dirinya belum terlalu mengetahui karena baru memimpin di BPS Kabupaten Kupang, sebelum di Kabupaten Rote.

Ditanya terkait angka kemiskinan di Kabupaten Kupang dari Tahun 2019–2020, Dirinya tidak terlalu tau. “Saya belum bisa prediksi. Untuk Tahun 2019 data yang kita punya Saya lupa. Saya kan baru pindah, tetapi kalau untuk tahun 2020 ini kita prediksi bisa juga naik, karena sampai sekarang masyarakat ada yang belum tanam. Hujan tidak betul”, jelas Johanis.

Lebih lanjut Dirinya mengatakan, apa lagi di Kabupaten Kupang angka stunting cukup tinggi. Nah, ini yang harus mengantisipasi ke depan agar bisa diturunkan. Sehingga, setiap kali pelatihan Kita selalu menggenjot agar angka stunting ini bisa diturunkan.

Ia menambahkan, kalau yang berkaitan dengan sensus tiap Tahun itu, Dirinya merektrut tenaga dari Tiap-tiap desa. Dan tenaga yang diambil itu tergantung dari luasnya wilayah. “Jadi kalau untuk tahun ini memang ada sistem on line. Kenapa kita harus ambil dari Desa, katena mereka yang lebih keadaan yang ada di wilayahnya itu. Karena kalau kita pakai tenaga dari luar nanti sampai dilokasi tidak kerja, jadi paling bagus ambil dari desa sendiri”, bebernya singkat. (Boy)