Warga Dua Desa di kecamatan Aesesa Minta Pemda Nagekeo Perhatikan Jalan dan Listrik

0
437

Nagekeo, KlikNTT.Com-Warga Dua Desa di Kecamatan Aesesa Desa Tedamude dan Desa Tedakisa, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo meminta kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo, agar segera memperhatikan kondisi jalan yang sangat memprihatinkan di wilayah mereka, serta jaringan listrik yang sampai saat ini belum terpasang.Hal ini disampaikan oleh Nude Ignasius Warga Masyarakat Kampung Malabai Desa Teda Rt 05  kepada media, Kamis (27/2/2020)baru-baru ini.

“Kami meminta kepada Bapak Bupati Nagekeo maupun Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk segera membangun atau meningkatkan pengerjaan dari jalan tanah liat menjadi jalan Aspal dengan jarak sepanjang sekitar lima kilometer yang saat ini kondisinya semakin parah dan memprihatinkan, apalagi musim hujan tiba jalan tersebut tidak bisa dilewati oleh kendaraan umum.

Ignas menambahkan jika jalan tersebut tidak diberi aspal otomatis musim hujan panjang kendaraan umum  seperti mobil angkutan tidak akan mampu melewati.

“Sampai sekarang ini kami belum bisa menikmati jalan. Pak liat sendiri jalan kami di sini, syukur-syukur kalau jalannya kering, itu baru bisa lewat dengan kendaraan. Kalau musim hujan tiba jangan coba-coba memang. Yang ada itu motor atau oto pasti tertanam lumpur.

Selain keluhan tentang jalan, Ignasius mengatakan bahwa untuk Anaknya yang ingin mengejar cita-cita di kemudian hari, harus belajar di bawah gelapnya malam tanpa cahaya listrik.

“Bahkan anak saya mau belajar malam saja mengalami kesulitan. Belum lagi jaringan listrik belum di bangun.

Ignasius berharap agar akses jalan dan listrik mendapatkan respon dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi.

“Jalan ini sudah lama sejak Masih bergabung dengan Kabupaten Ngada, belum di aspal. Sampai Kabupaten Nagekeo terbentuk. Kami hanya minta jalan saja, kalau listrik tidak menjadi masalah. Intinya jalan saja supaya akses Jaringan bisa masuk ke sini kami.

Selain Ignasius, Beni Mali Pengendara yang hendak lewat menuju Malabai menghimbau agar para pengendara untuk tetap berwaspada saat musim hujan tiba.

Menurut Beni bahwa akses Jalur jalan Provinsi Nagekeo-Ngada lewat jalur Tedakisa dan Tedamude mengalami lumpuh total akibat jalur jalan tersebut tiap tahun tergerus dan tergenang air berlumpur.

“Saya meminta khususnya para pengendara untuk lebih ekstra berhati-hati melewati jalur jalan tersebut. Jalannya begitu licin dan rawan kecelakaan saat musim hujan tiba. Dan saya berharap muda-mudahan hal ini segera di respon oleh Pemerintah.

Selain Jalan, Beni meminta agar akses  untuk jaringan listrik juga harus di pasang. Agar para Siswa-siswi merasa nyaman dan belajar dengan baik. Harapnya. (Vhiand Dhalu).