DUKUNG DETUSOKO BARAT JADI DESA WISATA, PAMSIMAS DAN PARTAMINA BANTU AIR MINUM BERSIH 

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com_ Program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Tahun Anggaran 2019 dan CSR Pertamina tahun 2020 mendukung Detusoko sebagai Desa Wisata melalui penyediaan air minum bersih. Kehadiran Air Minum Bersih Bagi warga Detusoko Barat sangat mendukung program Detusoko menjadi Desa Wisata. Dalam konsep desa wisata ada istilah AMENITAS yang artinya sarana dan prasarana umum seperti air minum, listrik yang menjadi dukungan utama dalam aktivitas kepariwisataan.

” Kami di Detusoko sudah ada 17 homestay atau rumah nginap, melalui program Pamsimas dengan menyalurkan air hingga kepemukiman sangat mendukung warga masyarakat, selain keterpenuhan kebutuhan dasar, air ini sangat penting untuk dimanfaatkan dalam mendukung homestay/Rumah nginap milik warga Kata Nando Watu yang kini menjabat sebagai kepala desa Detusoko Barat dalam acara serah terima program Air Minum Bersih, di kantor Desa Detusoko Barat, Sabtu 7 Maret 2020.

Nando Menambahkan sebagai Kepala desa yang konsen dengan desa wisata saya merasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada berbagai stakeholder dalam Mendukung Detusoko sebagai desa wisata.

” Kami apresiasi untuk Bappeda Ende melalui DPMU program Pamsimas dan Satker PIP Bidang Air Bersih Kabupaten Ende dan para fasilitator Pamsimas dan masyarakat yang sudah berkontribusi dalam Mendukung program kami di desa.

Lanjut Nando melalui program air minum ini Detusoko Barat mendapat dukungan dari lintas stakholer, pada tahun anggaran 2019 ada dukungan masyarakat melalui swadaya, dana Desa dan Pamsimas untuk mendukung program air minum bersih. Dan di tahun 2020 ini dibantu oleh Program CSR Pertamina atas fasilitasi dari Dinas Penanaman Modal Kabupaten Ende untuk sambungan Rumah/ SR. Kami berharap pada april 2020 ini sebanyak 172 KK dari 203 KK warga Detusoko Barat sudah memiliki SR (sambungan rumah) untuk air minum bersih.

Nando juga menambahkan ke depan air Minum Bersih akan menjadi sumber pendapatan di desa, akan ada kepengurusan air minum yang nanti akan ditambahkan dalam unit usaha Bumdes, ada kepengurusan dan kita perkuatkan melalui Perdes tentang Air Minum Bersih.

Ketua DPMU program Pamsimas Kabupaten Ende, Aloysius M.O Dasa dalam sambutannya menyampaikan kehadiran air minum bersih di Desa Detusoko barat berdasrakan analisis Kebutuhan dan juga mendorong desa-desa penyangga Pariwisata, Dengan air minim bersih ini seharusnya juga mendorong program lainya, seperti dasawisma, bagmana pemanfaatan air untuk pekerangaan, dan juga untuk agenda mendukung desa wisata. Kami berharap ke depan ada sistem yang baik, keterbukaan dalam pengelolaan, dan perlu ada iuran dan sistem informasi publik yang lebih terbuka untuk para pengurus, ungkap Aloysius.

Aloysius menambahkan apresiasi untuk Detusoko barat karena air minum bersih dapat 4 sumber pendanaan, mulai dari swadaya, Dana Desa, Pamsimas dan CSR, aneka pendanaan ini masuk tetapi tidak tumpang tindih/konflik, justru terintegrasi satu dengan yang lainnya. Ini yang menarik dan perlu ditindaklanjuti,

” Pamsimas adalah program pemberdayaan, mulai dari masyarakat mengumpulkan, ini bentuk rasa memiliki terhadap program yang masuk. Kita yang mengelola, harus ada rasa memiliki pada fasiltas yang sudah dibangun, jelas aloysius.

Sementara itu, Asisten Koordinator Pamsimas Kabupaten Ende, Yeny Bili S. Si Harapan dari kami sekalipun fasilitator Pamsimas tidak ada desa tetap mandiri, dengan adanya kapespam sebagi kelompok untuk menjalankan program air mimun ini sebagai tujuan keberlanjutan. Terkait iuran ada perhitungan yang diambil dengan dibebankan ke masing masing jiwa, penting sekali ada iuran supaya sebagai tanggung jawab bersama dan mendorong untuk pendapatan asli desa.

Penyerahan Air minum bersih kepada pemerintah Desa ditandai dengan penyerahan sejumalah Dokument yang dilakukan oleh Ketua KKM (kelompok Keswadayaan Masyarakat) Desa Detusoko Barat, Bpk. Martinus Mama, kepada Ketua DPMU program Pamsimas melalui Kabid PP 2 kabupaten Ende, Aloysius M.O Dasa S.ST.Pi, lalu dari Ketua DPMU ke Kepala Desa dan selanjutnya dari Kepala Desa menyerahkan dokumen kepada Ketua Kapespam, Marianus Kota Tani.

Hadir dalam acara serah terima ini Koordinator pamsimas yeni bili, S.Si , DPMU Pamsimas, Aloysius M. O. Dasa, S. ST. Pi, Pakem pamsimas Felix wanda, S. IP,MPA) Fasilitator Yakobus Aurelius Kupu kale, S. Sos.Hilarius Leta. A. md, Srimurtati Sharah Husen, S. IP juga Angota BPD, Para kepala Dusun, RT/RW dan Warga Masyarakat.

Penulis : Elton Rete

  • Bagikan