Optimalkan Pajak Daerah, Bapenda Ende Pasang Tapping Box

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com  Pemerintah kabupaten Ende bekerja sama dengan Bank NTT menyediahkan alat monitoring transaksi usaha (tapping box) untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah di bidang perhotelan, rumah makan dan restoran.

Kepala badan pendapatan daerah (Bapenda) kabupaten Ende, Yohanis Nislaka mengatakan Pemasangan 10  alat tapping box untuk para wajib pajak baik itu pajak perhotelan, rumah makan dan restoran.Kita melakukan penagihan sesuai dengan undang- undang no 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan pajak retribusi.

” Tapping box sebagai alat untuk mengontrol dan mengawasi transaksi pengusaha terkait dengan pajak penghasilan daerah “, ucapnya.

Yohanis Menambahkan Pihak bapenda kabupaten ende pernah lakukan pertemuan dengan para pengusaha perhotelan, warung makan dan restoran serta kita sudah sosialisasikan terkait dengan pemasangan tapping box.

Ada beberapa pengusaha yang tidak mau pasang tapping box karena beberapa alasan dengan alat taiping box memberatkan mereka tetapu Kita sudah menyampaikan bahwa alat itu sangat membantu pemilik hotel dan restoran karena dia hanya mengontrol dan pencatatan setiap hari, itu pun penolakan dari pengusaha hotel dan restoran,Karena yang membayar pajak sesungguhnya adalah para pengunjung baik itu di hotel atau di restoran, bukan dari pemilik hotel tersebut”, ungkapnya.

Lanjut Yohanis pemilik hotel dan restaurant adalah mitra kerja pemerintah menciptakan investasi maka badan pendapatan daerah sesuai dengan tugasnya mengambil langkah upaya menggali potensi dan sumber pendapatan asli daerah.

Maksud dari pemerintah adalah baik hanya melaksanakan atas keluhan pelanggan untuk efisiensi waktu dan biaya serta tenaga untuk mencegah kebocoran.

Selain itu, pemasangan tapping box juga dalam rangka menciptakan transparasi agar mengurangi kebocoran karena transaksi non tunai langsung ke rekening bank.

” Kita akan terus melakukan pendekatan dan pendataan terhadap beberapa pemilik usaha hotel dan rumah makan agar dapat memasang alat taiping box.Jelas Yohanis.

Penulis : Elton Rete

  • Bagikan