Covid-19 Mulai Menyebar Di Indonesia, Kegiatan Rakernas AMAN Di Tunda

  • Bagikan

Ende_KlikNTT.com Penyebaran virus di dibeberapa wilayah seperti Bali, DKI, Sulut, Banten dan lain-lain menjadi perhatian publik dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menunda kegiatan Rapat Kerja Nasional yang dilaksanakan di kabupaten Ende.

Berdasarkan kondisi tersebut kita kemudian memutuskan untuk menunda proses penyelenggaraan rapat kerja nasional yang seharusnya dilakukan pada tanggal 17 sampai 21 Maret 2020 lokasi di universitas Flores dan komunitas adat Saga.

Hal itu disampaikan oleh ketua panitia Rakernas, Eustobio R Renggi saat menggelar konferensi pers di Wisma emaus -Ende (16/03/2020).

Ia mengatakan rangkaian proses-proses rapat kerja nasional yang berlokasi di kota Ende kami dengan berat hati berdasarkan mekanisme internal yang ada di AMAN dan hasil kesepakatan komunikasi antara sekjen dewan nasional terhadap kondisi yang memang saat ini lagi marak dengan Covid -19 Indonesia maupun secara internasional sehingga kegiatan Rakernas ditunda.

” Persiapan penyelenggaraan rakernas sudah mencapai 80 %, namun kemudian berdasarkan kondisi yang ada dan sangat penting tentang kemanusiaan sehingga kegiatan ini ditunda.

Penyelenggaraan rapat kerja nasional ini dipastikan lebih dari 900 orang lebih peserta yang hadir dari seluruh komunitas adat Nusantara. Seluruh pengurus dan panitia panitia mengambil langkah tegas agar tidak terjadinya masuknya covid-19 di kabupaten Ende.

” Saat ini kami sedang melakukan langkah-langkah mitigasi dan kapan diselenggarakan kegiatan rakernas kita menunggu hasil keputusan sekjen AMAN dan dewan AMAN “, katanya..

Eustobio menambahkan kegiatan hari ulang tahun AMAN ke -21 tetap dilaksanakan di wilayah masing-masing namun AMAN Nusa Bunga melaksanakan di komunitas adat Saga.

Ia mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi membantu untuk menyukseskan kegiatan rakernas AMAN ini.

Penulis : Elton Rete

  • Bagikan