33 SMP di Kabupaten Kupang Siap Mengikuti UNBK

0
135

Oelamasi_KlikNTT.com- Sebanyak Tiga Puluh Tiga (33) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Wiliyah Kabupaten Kupang sudah siap untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan berlangsung tanggal 20–23 April nanti.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Imanuel M. E. Buan kepada media ini Rabu,(18/03) siang diruang kerjanya ketika diwawancarai terkait. Persiapan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional baik SD maupun SMP di wilayah Kabupaten Kupang yakni SD yang menyelenggarakan Ujian berjumlah 358 SD, sementara SMP sebanyak 168 Sekolah.

Dari 168 Sekolah ini terdiri dari 163 SMP Reguler, SMP terbuka 1 Sekolah, SMP Teologi Kristen 2, dan Madrasa atau MTS 2 Sekolah. Jumlah Siswa yang mengikuti Ujian pada Tahun ini sebanyak 7.184 Orang. “Pelaksanaan Ujiannya melalui dua bentuk yaitu yang pertama, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang mana pada Tahun 2019 lalu diiukuti oleh 8 Sekolah, sedangan pada Tahun 2020 diikuti oleh 33 sekolah yang akan dimulai tanggal 20–23 nanti”, jelas Buan.

Lebih lanjut, sedangkan Sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) atau manual sebanyak 135 Sekolah. Jumlah Siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 2.445 Orang, sementara yang mengikuti UNKP berjumlah 4.765 Orang. Persiapan-persiapan untuk pelaksanakan Ujian yaitu yang pertama bahwa Sekolah-sekolah telah membentuk panitia Ujian Tingkat Satuan Pendidikan (UTSP) dan juga Ujian Sekolah sudah dilaksanakan dari kemarin, sedangkan Ujian Nasional dilaksanakan pada tanggal 20–23 Bulan April nanti.

Seluruh Sekolah-sekolah yang mengikuti UNBK, semua sudah siap, baik itu dari persiapan Siswa, persiapan Guru pendamping maupun perangkat yang dibutuhkan. Sedangakan untuk SD, ujian nasionalnya akan dilaksanakan UTSP sendiri sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan itu akan dilaksanakan pada tanggal 1–3 Bulan April.

Harapnya, meskipun dalam suasana atau situasi yang tidak mendukung yakni dengan adanya wabah virus corona, sebagai mana pelaksanaan ujian nasional serentak dibeberapa Daerah ada kebijakan Pemerintah untuk meliburkan Siswa, tapi di Kabupaten Kupang ini tidak ada libur. Namun dari Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan kepada seluruh Kepala Sekolah dan Guru-guru untuk mengajak siswa-siswi mencuci tangan dengan sabun setiap hari sekolah.

Ia juga sudah menghimbau agar Siswa-siswi menghindari kerumunan banyak orang, komsumsi makanan yang bergisi terutama Sayur-mayur dan Buah-buahan, komsumsi vitamin c, dan juga istirahat yang cukup.

“Guru juga dapat mengawas Siswa-siswi apa bila adanya belajar kelompok dibawa mata pelajaran. Sehingga ujian tahun ini dapat berjalan dengan baik dan kualitas lulusannya agar lebih baik dari Tahun lalu. Yang kemarin terkategori D, bahkan kalau bisa Tahun ini kategori B atau C”, tegas Buan. (Boy)