Legislator Ini Minta RSUD Ende Segera Siasati Ruang Isolasi Pasien Corona dan Perlengkapan Medis

  • Bagikan

Ket Foto : Vinsen Sangu (Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Ende)

Ende_KlikNTT.Com_Masi Kurang nya RS rujukan di NTT yang dianggap belum siap menangani pasien di tengah merebaknya virus corona. Oleh Karena itu RSUD Ende yang juga merupakan salah satu rumah sakit yang ada di Provinsi NTT Kabupaten Ende harusnya memiliki fasilitas dan pelayanan yang memadai sebagai rujukan.

Merespons hal itu  Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Ende Vinsen Sangu meminta Agar Rumah sakit Umum Daerah Ende mampu mengambil langkah alternatif, khususnya untuk menyediakan ruang untuk isolasi pasien dan Perlengkapan Medis serta kesiapan tenaga medis Untuk Mengatasi Penanganan Pasien ditengah merebaknya Virus Corona.

“Langkah alternatif harus segera dilakukan karena mengingat saat ini Jumlah warga yang berstatus ODP terus Meningkat, karena kalau di ruangan itu  tidak ada ruang isolasi, berarti kan dia harus menyiasati dengan cara apa. Itu sekarang kata Vinsen kepada Media ini Sabtu (22/03/20) saat dimintai tanggapan,

“Untuk Melakukan langkah antisipasi ini Termasuk kepala kepala dinas Kesehatan, kepala RS itu harus mulai berpikir ‘kalau itu terjadi di Ende, dan kita tidak mempunyai fasilitas seperti yang WHO anjurkan’ nantinya seperti apa,”Kata Vinsen

Banyak masyarakat mengeluhkan pelayanan di RS Rujukan corona. Keluhan itu misalnya mulai dari tak adanya respons cepat petugas kesehatan, hingga minimnya ruang isolasi sehingga ditumpuk dalam satu ruangan oleh karena kita harapkan Kejadian ini jangan terjadi di kabupaten Ende

“Harus ada langkah-langkah yang extraordinary berupa emergency plan. Untuk ruang isolasi yang terbatas, yang mendekati standar WHO Begitu juga dengan prasarana lainnya, seperti alat pelindung diri untuk petugas medis.

“Misalnya alat pelindung diri, kan mesti disiasati juga itu. Artinya kita jangan menyerah dengan kita tidak punya sesuai standar WHO, sudahlah pasien mati saja, itu tidak boleh,” Ungkap Vinsen

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr. Muna Fatma, saat di konfirmasi media ini melalui telepon seluler nya Sabtu (21/03/2020) Terkait Permintaan Ketua Komisi III DPRD Tentang Kesiapan RSUD Ende untuk menyikapi Pelayanan Pasien Covid -19 Mengatakan”Kini pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) Ende telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menjadi rumah sakit rujukan covid-19.

” Apabila ada masyarakat yang sakit ada gejala batuk dan pilek segera memeriksakan diri di pusat kesehatan terdekat” ,katanya.

Kami berharap masyarakat ikuti instruksi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah termasuk instruksi dari pemerintah daerah dan tokoh agama agar terhindar dari covid-19.

Penulis : Fred Siga

  • Bagikan