22 Penumpang KM Lambelu Asal Ende Jalani Karantina dan Tes Kesehatan

0
107

Ende_KlikNTT.com 22 Penumpang kapal Lambelu asal kabupaten Ende kini menjalani karantina terpusat dan tes kesehatan di lapangan Marilonga ende.

22 warga tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) adalah orang-orang yang memang terkonfirmasi pernah kontak dengan orang yang terindikasi covid-19.

Hal itu disampaikan oleh kepala dinas kesehatan kabupaten Ende, dr. Muna Fatma kepada media ( 09/04/2020) mengatakan ke-22 OTG tersebut kita lakukan karantina terpusat kemudian teman-teman dari kesehatan sudah melakukan pemeriksaan sampel melalui rapid test ya hanya hasilnya seperti apa saya belum bisa memberikan jawaban.

” Ke- 22 warga kabupaten Ende telah menjalani tes kesehatan melalui rapid test untuk memastikan orang tersebut negatif atau positif covid-19 “, ucapnya.

Ia menambahkan pemeriksaan rapid test itu bukan langsung kita tahu bahwa itu adalah positif atau negatif , ada banyak pemeriksaan atau pemantauan yang kita lakukan terhadap OTG sehingga harus betul-betul perhatikan.

Setelah pemeriksaan kesehatan dan rapid test kepada para OTG mungkin 10 hari kita akan umumkan hasilnya negatif atau positif covid-19.

Lanjut dr. Muna mengatakan ke 22 orang tanpa gejala tersebut menjalani karantina merekapun diwajibkan menjalani aktifitas olahraga dan mengikuti kegiatan literasi agar tetap menjaga kesehatan mereka.

Ia berharap ke 22 OTG tersebut tidak ada yang terindikasi dan terjangkit covid-19 dan kepada masyarakat ikuti protokol pemerintah cegah penyebaran covid-19.

Untuk kita ketahui data covid-19 di kabupaten Ende total pelaku perjalanan dalam pemantauan sebanyak 1428 dan pelaku perjalanan yang selesai dipantau sebanyak 536 orang, Orang Tanpa Gejalah (OTG) sebanyak 22 orang, Orang Dalam Pemantaun (ODP) 18 orang dan yang masih dipantau 5 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 orang sedangkan positif dan sembuh serta meninggal Nol.

Penulis : Elton Rete