Maksi Deki sebut Dampak Covid 19, Pemerintah harus menyiapkan kebijakan ekonomi dengan lakukan operasi pasar

0
165

Ende_KlikNTT.com_Pemerintah diminta melakukan pemberdayaan bagi masyarakat yang terdampak meluasnya penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan lakukan operasi pasar.Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD Ende, Maksimus Deki Seusai Menggelar Rapat Paripurna DPRD bersama pemerintah Selasa (14/04/2020)

” melihat situasi saat ini virus corona (covid-19) mulai menyebar di seluruh wilayah nusantara dengan mengganggu kesehatan manusia, tetapi dampak dari itu lebih parah berkaitan dengan ekonomi.

Karena pemerintah meminta masyarakat ikuti protokol pemerintah social distancing dengan jaga jarak dan dilarang berkumpul, sehingga masyarakat kecil dan menengah tidak bisa berbuat apa-apa.

” Pemerintah harus menyiapkan kebijakan ekonomi dengan lakukan operasi pasar dan membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu “, katanya

Ia menambahkan, yang ditakutkan adalah masyarakat meninggal bukan karena virus Corona tetapi kelaparan sehingga pemerintah harus memperhatikan benar-benar terkait dengan ekonomi masyarkat

Untuk saat ini harga komoditi para petani semakin menurun dipasaran, selain harga menurun para pembeli pun berkurang.

Diharapkan kepada pemerintah untuk segera mendata jumlah keluarga kurang mampu agar diberikan bantuan berupa susu,telur dan vitamin supaya mereka mendapatkan imun tubuh untuk melawan covid-19.

Bupati Ende, Djafar Ahmad mengatakan untuk memperkuat ekonomi masyarakat kabupaten Ende dengan tidak menutup masuknya kapal-kapal barang seperti kapal roro untuk mengangkut hasil komoditi para petani tetapi para penumpang dilarang.

” Mungkin kedepannya pemerintah daerah akan lakukan operasi pasar tetapi langsung ke kelurahan dan desa-desa dengan tidak mengumpulkannya banyak orang untuk cegah covid-19 “, katanya.

Ia berharap para pedagang untuk tetap menerima hasil komoditi para petani dan tidak boleh bermain harga.

Penulis : Elton Rete