Cegah Covid–19, DPD Projo Gandeng Gugus Tugas Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Oenesu

0
298

Batakte_KlikNTT.com– Dewan Pimpinan Cabang Pro Jokowi (DPC Projo) Kabupaten Kupang, menggandeng gugus tugas Covid-19, Kelurahan Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, melakukan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Oenesu yang merupakan kampung kelahiran Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat Selasa,(14/04) sekitar pukul (08:00) wita hingga selesai.

Penyemprotan disinfektan tersebut, sebanyak 625 rumah warga yang disemprot. Kegiatan yang berlangsung berkat kerja sama yang baik yakni, DPC Projo Kabupaten Kupang, menggandeng Masyarakat setempat, dan para Pemuda. Selain penyemprotan, DPC Projo Kabupaten Kupang menyerahkan Sanitezer (alat cuci tangan-red) ke Pemerintah Kelurahan Oenesu yang diterima langsung oleh Lurah Oenesu.

Ketua DPC Projo Kabupaten Kupang, Ary Buraen kepada awak media mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Projo secara Nasional terhadap masalah yang dihadapi Bangsa saat ini. Selain itu, Projo sebagai relawan pemenangan Jokowi, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengawal program maupun kebijakan Pemerintahan Presiden, Ir. H. Joko Widodo periode 2019-2024 dan memastikan semuanya sesuai harapan termasuk disaat kita berada pada situasi pandemic Covid 19.

Lebih lanjut, Buraen menuturkan dalam penyemprotan ini juga ada sedikit bantuan berupa wadah cuci tangan yang jika dilihat dari nilainnya tidak berarti namun dapat memberi manfaatnya.
Dirinya menghimbau agar masyarakat Kabupaten Kupang, khususnya Warga Kelurahan Oenesu untuk selalu memantau warga oenesu yang datang dari zona merah covid–19 masuk ke kelurahan oenesu.

Selain Itu, Ia mengajak warga bersama-sama gotong royong melawan Covid–19. “Hal ini dilakukan dengan membagikan selebaran yang berisikan Setiap Pendatang Wajib Lapor ke RT/RW/Kader Kelurahan untuk dilaporkan ke posko penanganan covid 19, selanjutnya bila ada keluhan seperti demam, batuk pilek, nyeri atau sesak nafas segera melakukan pemeriksaan ke petugas atau puskesmas terdekat. Sedangkan bagi yang tidak ada keluhan wajib mengisolasi diri selama 14 hari, menghindari perkumpulan banyak orang dan pisahkan diri dari lansia serta orang sakit”, jelas Buraen.

Plt. Lurah Oenesu, Fried Zakarias Lusi menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyemprotan disinfektan ini.

“Pertama saya atas nama Keluharan Oenesu mengucapkan limpah terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyemprotan disinfektan ini yakni, Puskesmas Batakte, Pustu Oenesu, Danramil Batakte, Babinsa Kelurahan Oenesu, Aparat kelurahan, dan masayakat, serta  pemuda, terutama kepada projo yang sangat berperan aktif dalam kegiatan ini”, tandasnya.

Baginya, penyemprotan disinfektan di Kelurahan Oenesu merupakan pertama kali dilakukan dan tentu ini menjadi bagian penting bagi kami, sehingga kami tetap berharap selalu ada kerja sama dengan Projo dalam membantu masyarakat secara berkelanjutan baik itu berupa kegiatan-kegiatan kemanusiaan maupun kegiatan lainnya. “Saya minta masyarakat Kelurahan Oenesu untuk selalu mentaati semua arahan dari pemerintah pusat maupun daerah sebab arahan dari pemerintah itu baik adanya”, ucap Zakarias.

Tambahnya, saat ini di kelurahan Oenesu sedang dilakukan pemantauan terhadap beberapa warga oenesu yang baru datang dari luar daerah. Terhadap warga yang baru datang dari luar daerah, diminta agar melakukan karantina mandiri dirumah masing-masing. Tidak melakukan perjalanan keluar sambil menunggu arahan dari tim kesehatan yang ada di Puskesmas Batakte dan Pustu Oenesu.

Sementara, Ketua Pemuda GMIT Oemathonis Nait, Indra Laiputa menyampaikan terima kasih kepada DPC Projo Kabupaten Kupang yang telah membantu memberikan pelayanan berupa penyemprotan disinfektan kepada masyarakat maupun jemaat yang ada pada wilayah kelurahan Oenesu.

“Ini merupakan langkah yang baik dan motivasi bagi kami Pemuda GMIT Oemathonis Nait sehingga kedepan, kami melakukan penyemprotan secara rutin selama masa covid–19 ini”, Tutur Indra.
Salah satu Warga Kelurahan Oenesu, Jonas Laidat yang juga turut serta dalam aksi penyemprotan disinfektan, mengucapkan terimah kasih banyak atas kerja sama antara DPC Projo Kabupaten Kupang, dan Pihak Kelurahan yang telah membantu masyarakat dalam pencegahan penularan covid–19.

Dirinya berharap adanya kerja sama antara Pemerintah Kelurahan Oenesu dengan DPC Projo Kabupaten Kupang secara berkelanjutan tidak terbatas pada penanganan masalah covid–19.

Turut hadir Ketua DPC Projo Kabupaten Kupang, Solamiel Arnius Buraen (Ary Buraen), Plt Lurah Oenesu, Fried Zakarias Lusi, Perangkat Kelurahan Oenesu, Ketua Pemuda Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Oemathonis Nait, Indra Laiputa Kepala Puskesmas Batakte, Anthonia Nogo, Danramil Batakte Pelsa Alex Latumetan, Babinsa Oenesu Defrit Ndolu, Petugas pustu Kelurahan Oenesu, tokoh Masyarakat dan Pemuda. (Boy*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here