Cegah Penularan Covid–19, PLN NTT Lakukan Rapid Test Mandiri

0
59

Kupang_KlikNTT.com- Mencegah dan mengantisipasi penularan Covid–19, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan Pemeriksaan Rapid Test Mandiri terhadap pegawai critical job untuk memastikan pegawai bebas dari Covid–19, di Kantor PLN UIW NTT jalan Piet A Tallo no 101, Rabu (27/05/).

General Manager PLN UIW NTT, Ignatius Rendroyoko menuturkan pelaksanaan rapid test mandiri ini merupakan pertama di PLN UIW NTT. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan pegawai critical job bebas dari Covid–19 agar dapat menjalankan pekerjaan dengan baik dan menjaga kehandalan penyaluran energi listrik.

Dokter Koordinator PLN UIW NTT, dr. Fenny Melita Pranoto sebagai pelaksana pengetesan ini menyampaikan, Hasil test ini terdiri dari 2 kriteria, yaitu positif dan negatif. Untuk hasil yang positif akan dilakukan pengujian lanjutan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang dapat mendeteksi keberadaan virus corona secara langsung. Tes PCR yang juga sering disebut swab test merupakan pemeriksaan yang resmi digunakan untuk mendiagnosa covid-19 dan hasil hari ini seluruhnya negatif tuturnya.

Rendroyoko menambahkan , “Peserta Rapid Test pertama ini merupakan Pegawai critical job sebanyak 54 orang yang terdiri dari petugas operator dan pemeliharaan transmisi gardu induk, operator dispatcher, Pengawas, Supervisor untuk pekerjaan Dispatcher, Tegangan Menengah, Tegangan Tinggi yang langsung berhubungan dengan kehandalan penyaluran energi listrik ujar Rendroyoko.

Hasil pelaksanaan rapid test akan dilaporkan oleh dokter koordinator PLN UIW NTT ke gugus covid 19 Dinkes Provinsi NTT untuk ditindaklanjuti.

Sementara salah satu pegawai bernama, Gunawan Operator Gardu Induk Bolok yang menjalani rapid test menyampaikan rapid test yang dilakukan saat ini membantu kami untuk mengetahui lebih dini terpapar virus covid–19/tidak dan mengingatkan kami untuk terus berhati- hati menjalankan pekerjaan sesuai protocol siaga covid di lingkungan PLN. (Humas PLN NTT//Boy)