Launching BLT Dana Desa,Bupati Djafar Minta Beli Sembako Di Masa Pandemi

0
125

Ende_KlikNTT.com Bupati Ende, Djafar Ahmad melakukan launching penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama kepada 288 desa.

Penyerahan bantuan langsung tunai kepada warga diserahkan oleh Bupati Ende, Djafar Ahmad secara simbolis yang dilaksanakan di desa Nanganesa.(28/05/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Albert Yani mengatakan penyaluran langsung tunai desa sesuai dengan (perbup no 1 tahun 2020) dan Pemkab No 50 tahun 2020 percepatan Penyaluran bantuan langsung tunai kepada warga yang tidak mampu terdampak pandemi covid-19.

” Untuk mengurangi dampak ekonomi akibat wabah pandemi covid-19 terhadap warga yang tidak mampu “, katanya.

Ia menambahkan untuk saat ini kita menyalurkan bantuan langsung kepada warga tidak mampu dari 238 desa dan 15.092 KK dengan anggaran sebesar Rp. 27 miliar lebih.

Sebanyak 27 desa yang belum bisa dicairkan akibat belum melakukan musyawarah desa untuk menentukan layak dan tidaknya orang yang menerima bantuan.

Tiga syarat untuk penetapan pencaitan dana desa adalah Perbub penggunaaan dana desa, Musdeskus (masyarakat sendiri yang menentukan KK yang layak menerima bantua) dan Perkades (Penetapan calon nama peneima BLT).

Ia berharap desa yang belum melakukan musyawarah agar segera dilakukan dan diajukan sehingga bisa di cairkan untuk BLT.

Bupati Ende, Djafar Ahmad menyampaikan bahwa bantuan langsung tunai ini untuk membantu warga yang kurang mampu di tengah wabah pandemi covid-19.

” Bantuan langsung tunai ini harus digunakan untuk membeli sembako di masa pandemi jangan digunakan untuk membeli yang tidak sesuai peruntukanya “, ucapnya.

Bantuan langsung tunai ini berlangsung selama enam bulan ke depan sehingga masyarakat dapat manfaatkan bantuan ini untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker saat menerima bantuan tersebut.

Ibu Juwita, Warga Desa Nanganesa Penerima BLT Menyampaikan bahwa warga nanganesa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat di tengah wabah pandemi ini.

” Terima kasih banyak kepada bupati dan jajarannya yang telah berikan bantuan kepada warga masyarakat desa Nanganesa. “, Ungkapnya.

Penulis : Elton Rete