Jelang New Normal, Polda NTT Pantau Persiapan Satuan di Polres Kupang

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Menjelang datangya tatanan baru atau kehidupan baru (New Normal) oleh Pemerintah Pusat ke Daerah, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) NTT, Irjen. Pol. Drs. H. Hamidin dan Ibu Bhayangkari NTT, Ny. Julacmi Hamidin serta rombongan memantau persiapan Satuan Polres Kabupaten Kupang Jumat,(12/09) sore.

Irjen. Pol. Drs. H. Hamidin dalam sambutannya mengatakan, Polda NTT bersafari mengelilingi Polres-polres dibagian Timur atau marathon ini untuk membagikan Sembako, APD, dan mengecek kesiapan satuan di jajaran bawah dalam menghadapi tatanan hidup baru atau kehidupan baru (New Normal).

Sebagai Anggota Polisi cukup bangga, karena ternyata peran Polri di Tengah-tengah masyarakat sangat dirasakan oleh masyarakat. Dan dari Mabes Polri sungguh perhatian kepada Polisi yang ada di Daerah. Sejatinya, Polisi diminta oleh Kapolri untuk Polisi berbuat maksimal demi meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemik Covid–19.

“Kita mengambil langkah-langkah, kita cari Sumber Daya yang legal, kemudian siapa yang bantu masyarakat ayo kita tampung. Kalau di Polda caranya, orang yang mau membantu Kapolda silahkan. Misalnya membantu dengan sembako, itu bisanya membantu dengan cara mengantar bahan-bahan yang kita bisa berikan kepada masyarakat, langsung saja ke RJ Kapolda yang dijadikan posko”, jelas Hamidin.

Kapolri juga mengambil langkah dengan membantu Polda NTT berupa beras 25 ton beras tiap bulan, dan juga untuk masing-masing Polres beras 10 ton. Nah, ini diperintahkan untuk membagi kepada masyarakat yang terdampak covid–19. Yang berarti masyarakat peran sejahtera dan masyarakat yang kemudian menjadi miskin karena akibat dampak covid–19.

Bantuan yang diberikan ini tidak bokeh salah sasaran. Harus betul-betul diberikan kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan yaitu masyarakat bertani dan pelaut. Dengan semangat untuk membagikan Sembako serta APD, Dirinya bersama rombongan mengelilingi beberapa daerah dibagian Timur yakni, Kabupaten Malaka, Kabupaten Belu, Kabupaten TTU, dan Kabupaten TTS, serta Kabupaten Kupang.

Polres Kabupaten Kupang Mendapat Apresiasi dari Polda NTT karena Bertani.

Setelah tibanya di Polres Kabupaten Kupang, Dirinya sangat mengapresiasikan Polres Kabupaten Kupang karena sudah disuguhkan dengan adanya panen perdana padi dikawasan pangan lestari Polres Kupang. Yang mana Daerah NTT tahun ini pada umumnya kesulitan panen. Sementara di Polres Kupang bisa panen padi. Ini memang sangat luar biasa bagi jajaran Polres Kabupaten Kupang.

Dirinya juga merasa bangga karena Provinsi NTT merupakan angka sebaran Covid–19 terendah selain Gorontalo dan Aceh. Karena angka kematian covid–19 untuk NTT paling terendah. Dan ternyata sebaran covid ini berasal dari beberapa klaster yakni, klaster diaman awalnya tersebar, disitu terjangkit, orangnya berpindah kemudian menular ke tempat dimana berada. Yang membuat angka positif meningkatnya yaitu klaster suka bumi. Tetapi sampai berapa kali swab, akhirnya negatif dan dinyatakan sembuh.

“Untuk seluruh Anggota Polres Kupang, tetaplah menjadi Anggota yang teladan bagi masyarakat. Kita tunjukan bahwa kita salah satu instansi yang tetap paruh dengan protokol pencegahan. Jangan kita terjemahkan bahwa dikehidupan New Normal ini jangan kita kembali pada kebebasan. Kalau semua berpikir bahwa kita kembali ke kehidupan bebas maka angka penularan akan naik”, beber Hamidin.

Harapanya, Polisi menjadi pioner atau menajdi contoh kepada masyarakat bahwa dalam era New Normal ini Polisi adalah garda yang menjadi contoh untuk mencegah Covid–19.

Pantauan media ini, selain penyerahan Bansos bagi warga yang kurang mampu, dan pembagian APD, Polda NTT mengadakan panen perdana padi dikawasan pangan lestari polres kupang dalam rangka mendukung ketahanan pangan yang disiapkan oleh polres kupang berkisar 30 are.

Tirut didampingi, Kapolres Kabupaten Kupang, AKBP. R. J. H. Manurung, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Tavip Julianto, S.H. M.H. M.Si, serta pejabat utama Polda NTT yakni Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Riyadi Nugroho, S.I.K, Dirkrimum Polda NTT Kombes Pol. Eko Widodo, Dirlantas Polda NTT Kombes Pol. Iroth Laurens Recky, Dir Polda NTT AKBP Andreas Susi Darto, S. I. K  dan Kabiddokkes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono. (Boy)

  • Bagikan