Mentri PUPR Meninjau Langsung Progres Pembangunan KSPN Labuan Bajo

0
282

Labuan bajo_KlikNTT.Com_Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Basuki Hadimuljono meninjau langsung progress pembangunan KSPN Labuan Bajo, Kegiatan Peninjauan dilakukan setelah meninjau Progres Pembangunan Bendungan Nampung Gete di Kabupaten Sikka,Rabu (05/07/2020)

Dalam Kunjungannya Menteri PUPR didampingi oleh Wakil Gubernur NTT, Dirjen Cipta Karya, Kepala Biro Kompu PUPR. Dan Disambut Dir PKP Ditjen Cipta Karya, Dir PJ II Ditjen Bina Marga, Bupati Mabar, Kabalai PPW NTT, Kabalai PJN X Kupang, Kepala Balai Perumahan NTT, Kepala Balai P2JK NTT, dan Kasatker PJSA NT II mewakili Kepala BWS NT II dan Unsur Forkompimda.

Menteri Basuki juga meninjau secara langsung pekerjaan Ruas Jalan Sukarno Hatta Atas cs dan Ruas Waicicu yang dilaksanakan BPJN X Kupang. Pembangunan kawasan Puncak Waringin, Penataan Gua Batu Cermin yang dilaksanakan oleh BPPW NTT, dan Progress Peningkatan Kawasan Wisata Alam Loh Buaya Pulau Rinca yang dilaksanakan oleh BPPW NTT dan BWS NT II.

disela-sela Kunjungan nya Mentri Basuki menyampaikan bahwa harapannya agar proyek-proyek KSPN dikerjakan dengan baik dengan memperhatikan Kualitas dan Keindahan hasil pekerjaan. Hal ini karena pekerjaan ini ditujukan untuk mendukung pariwisata di NTT khususnya Labuan Bajo.

Mentri Basuki Juga Menegaskan bahwa pembangunan geopark di pulau  rinca sementara waktu ditunda untuk menunggu proses dokumen lingkungan yang dipersyaratkan penyusunan dokumen lingkungan ini dikerjakan oleh BPPW NTT dengan Dinas LHK Prov. NTT. Menteri PUPR berkomitmen bahwa pekerjaan yang dikerjakan tidak mungkin dilaksanakan jika melanggar aturan, dan pekerjaan ini sudah dikoordinasikan dengan Kementerian LHK dan Kemenkomarvest.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan pekerjaan di kawasan loh buaya pulau rinca melalui proses dengan pengawalan ketat dan pendampingan oleh Kementerian LHK dalam hal ini Balai T.N. Komodo sebagai pemegang kewenangan pada kawasan T.N. Komodo. Pekerjaan ini bertujuan meningkatkan kualitas bangunan penunjang pariwisata di loh buaya pulau rinca yang selama ini sudah ada terbangun oleh Balai T.N. Komodo sebagai komitmen Pemerintah Pusat untuk mendukung pengembangan pariwisata labuan bajo dan meningkatkan kapasitas pengunjung dan fasilitas pendukung pengelolaan TN Komodo khususnya di Loh Buaya P. Rinca. Pembangunan ini dilaksanakan pada zona pemanfatan pariwisata loh buaya pulau rinca bukan pada zona inti (**Tim)