Respon BKSDA NTT Terkait Kebakaran di Wae Wu’ul Kec. Komodo

  • Bagikan

Foto: Humas Polres Manggarai Barat

LabuanBajo_KlikNTT.Com_Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) merespon dengan cepat dan sigap peristiwa kebaran yang terjadi di sekitar perumahan Wingko, Desa Warloka, Kec. Komodo, Manggarai Barat. Setelah menerima informasi perihal kebakaran yang terjadi pada Kamis, 13 Agustus 2020, Pkl. 21.00 Wita itu, Kepala BKSDA NTT, Ir. Timbul Batubara M.Si segera memerintahkan Kepala Resort Wae Wuul, kepala Seksi Wilayah lll dan Kepala Bidang KSDA Wilayah lII, untuk segera menuju Lokasi TKP dan melakukan upaya pemadaman.

Selain itu, sebagaimana tertera dalam siaran pers BKSDA NTT, Jumaat (14/8/2020), bernomor : S. 989 /K.5/TU/HMS/08/2020, Kepala BKSDA NTT juga berkoordinasi dengan Balai TN Komodo, Direktur BOP Labuhan Bajo, Polres dan Damkar Kab. Manggarai Barat. Koordinasi itu ditindaklanjuti seluruh tim, dengan bergerak menuju TKP.

Diketahui, bahwa api berada di puncak bukit yang menyulitkan Regu Damkar dan Tim untuk mencapai lokasi titik api.

Setelah Tim BKSDA NTT, Balai TN Komodo dan Gakum melewati perjalanan selama 2 jam menuju titik api, ditemukan di TKP api tidak lagi membesar. Dan segera, di TKP dilakukan pemadaman dan mopping up, dan dalam suasana gelap tim meyakini tidak ada penyebaran api lagi.

Dalam siaran pers itu juga, diinformasikan bahwa terdapat 2 titik kebakaran kawasan, dan sebagian di dalam kawasan pada koordinat 8°35` 24.8“ S dan 119° 48` 12.7“ E. Luas lahan yang diketahui adalah 17 Ha.

Kepala Balai Ir. Timbul Batubara M.Si menghimbau kepada masyarakat agar menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan api di sekitar CA Wae Wuul yang diselimuti semak belukar.

Lebih lanjut, Kepala BKSDA NTT mengapresiasi respon cepat jajaran petugas di tingkat Resort, sehingga api cepat dikendalikan dan tidak menyebar luas.

“Ditegaskan seluruh jajaran Resort di seluruh Kawasan Konservasi se-Provinsi NTT, agar tetap melakukan koordinasi kepada seluruh pihak dan meningkatkan kesiapsiagaan penuh terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan pada saat cuaca mulai memasuki musim panas ini”, pintanya.

Selanjutnya, Timbul Batubara menyampaikan terimakasih kepada jajaran Polres Manggarai Barat, Brimob, Balai TN Komodo dan Balai Gakum, serta Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat serta masyarakat yang telah bersinergi dan menunjukkan soliditas dan integritas secara bersama dalam menghadapi kebakaran Hutan dan Lahan di CA Wae Wu’ul itu.

Ada pun kekuatan tim pemadaman terdiri dari Resort Wae Wu’ul, 4 orang; Bidang Wilayah, 4 Orang; Polres Manggarai Barat, 50 orang, yang dipimpin langsung Wakapolres, Kabag Ops, Kabag Sabhara dan Brimob, dipimpin Danki Brimob; Balai TN Komodo, 10 Orang; Seksi Gakkum, 6 Orang. (yrh)

  • Bagikan