Antisipasi Kerawanan Pilkada, 110 Personil Polres Mabar Ikuti Simulasi Dalmas

0
70

Suasana simulasi pengamanan Pilkada, di halaman Polres Mabar, Jumaat (28/8/2020)

Labuan Bajo_KlikNTT.Com_Sebanyak 110 personil Satuan Samapta Polres Manggarai Barat (Mabar), Flores, NTT menggelar simulasi pengendalian massa (Dalmas) di halaman Polres Mabar, Jumaat (28/8/2020).

Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kabag Ops AKP Roberth M. Bolle, S.Psi., menerangkan bahwa kegiatan simulasi Dalmas itu merupakan cara untuk mengantisipasi segala kemungkinan kerawanan yang terjadi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 9 Desember 2020 mendatang.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk latihan Dalmas, dan sengaja dilakukan simulasi seakan–akan terjadi (aksi massa) secara nyata,” kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kabag Ops AKP Roberth M. Bolle, S.Psi., yang didampingi Kasat Samapta, Iptu Markus Malik.

Dikatakannya, latihan Dalmas ini memang mempraktekkan simulasi unjuk rasa. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama masa Pilkada, maka para personil sudah paham dengan protap yang ada dan siap melakukan pengamanan.

“Semua dilakukan untuk persiapan Pilkada di Kabupaten Manggarai Barat. Apabila ada aksi unjuk rasa, segera bisa dilakukan pengamanan. Walaupun kita berharap nantinya tidak terjadi aksi, namun setidaknya kita melakukan latihan dan persiapan,” katanya.

Lebih dari 110 personil yang terlibat dalam similasi itu, terbagi dalam dua kelompok. Satu kelompok, berperan sebagai petugas keamanan; kelompok lainnya berakting sebagai massa simpatisan pendukung salah satu pasangan calon.

Dalam latihan tersebut, tampak personil yang jadi petugas keamanan menghalau “massa” yang melakukan unjuk rasa, dengan segala upaya.

Protap demi protap dilakukan, hingga akhirnya massa dibubarkan dengan penyemprotan water canon, berupa air ke arah kumpulan massa.

Kasat Samapta Polres Mabar, Iptu Markus Malik mengharapkan agar latihan Dalmas tersebut bisa memupuk kemampuan personil di bidang Samapta, khususnya Dalmas, sehingga tantangan tugas yang semakin berat bisa dihadapi seluruh personil, baik secara fisik maupun mental.

“Kemampuan Samapta dalam pengendalian massa merupakan kemampuan eklusif perlu latihan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiap–siagaan Personil Polres Manggarai Barat. Tahapan latihan dari persiapan, pelaksanaan, pengendalian serta evaluasi dapat berjalan sesuai dengan baik dan dipahami masing–masing personil sesuai beban latihan yang diberikan,” ujar Iptu Markus.

Yang terlibat dalam latihan Dalmas itu, selain personil Samapta Polres Mabar, juga Satuan Binmas sebagai Tim Negosiator. Simulasi pengamanan Pilkada tersebut digelar selama 3 hari, mulai Rabu – Jumaat, (26-28/8/2020). (yrh)